Pakai Teknologi Proses Pembuatan Baru, Rays Engineering Luncurkan Pelek Gram Lights 57DNA

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 12/Mei/2022 18:15 WIB
Rays rilis Gram Lights 57DNA dengan teknologi hybrid machining (sumber: Rays) Rays rilis Gram Lights 57DNA dengan teknologi hybrid machining (sumber: Rays)

SoundandMachine.com (Jepang) – Rays Engineering terus mengembangkan inovasinya dalam pembuatan pelek, dan itu tidak hanya desain atau tampilan luarnya semata tetapi juga proses pembuatannya, yaitu hybrid machining salah satunya yang sudah dipatenkan dengan nomor P6708905.

Baca Juga:
Pelek Edisi Terbatas Volk Racing G025 DA/C, Lebih Cantik dengan Aksen Warna Kuning Gelap

Pelek Rays yang dibuat dengan proses pembuatan teknologi hybrid machining: 57ANA (kiri-atas), 57BNA (kanan-atas), dan 57BNX (bawah) (sumber: Rays)

Hybrid machining merupakan teknologi proses pembuatan yang memadukan dua proses berbeda, dan untuk di Rays Engineering adalah proses diamond cutting dipadu dengan machining untuk pembuatan lekukan pelek agar timbul efek 2 atau 3 dimensi.

Baca Juga:
Lebih Ringan dan Kuat, Rays Rilis Volk Racing ZE40 Time Attack III Edisi Terbatas

Rays Engineering sudah memakai proses ini untuk 4 model pelek, dan yang terbaru adalah 57DNA untuk cabang Gram Lights.

57DNA merupakan pelek palang 2 x 5 dengan paduan antara kesan tangguh, ringan dan unik, karena memiliki desain pelek yang sepintas terlihat sederhana, namun jika melihat detailnya, ternyata terlihat rumit dan disitulah poin menariknya.

Baca Juga:
Rays Rilis Pelek Homura 2x10BD Sport Edition

(sumber: Rays)

Bagian atas pasangan palang 57DNA dibuat tidak rata, sementara ketebalan dan garis dari palangnya dibuat bervariasi, agar menimbulkan kesan stereoskopik atau ilusi adanya kedalaman.

(sumber: Rays)

Bentuk palang seperti ini, menurut Rays, agar terlihat mengkilat layaknya krom, tidak bisa dilakukan dengan diamond cutting biasa, melainkan hybrid machining.

(sumber: Rays)

Hasilnya, garis palang 57DNA terlihat mengalir dari ujung ke bagian tengah pelek, dan juga bayangannya bisa berubah tergantung sudut pandang melihat detail pelek tersebut.

Hanya saja untuk pelek 57DNA agak sedikit berbeda prosesnya dibanding pelek Rays lain yang memakai proses hybrid machining yaitu 57ANA, 57BNA, dan 57BNX, karena perbedaan bentuknya.

(sumber: Rays)

Desain pelek seperti ini dirancang untuk berbagai desain mobil zaman sekarang, baik itu sedan, MPV, maupun SUV.

57DNA baru tersedia ukuran 19 inci dengan PCD 5/100, 5/114,3, dan 5/112. (Joule)