Dunia Otomotif Indonesia Berduka, Legenda Off-road Syamsir Alam Meninggal Dunia

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 14/Mei/2022 09:55 WIB
Legenda off-road Indonesia Syamsir Alam meninggal dunia (sumber: IG crazysams) Legenda off-road Indonesia Syamsir Alam meninggal dunia (sumber: IG crazysams)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Dunia otomotif Indonesia kembali berduka karena kehilangan lagi salah satu tokohnya, dan kali ini di kalangan off-roader. Pasalnya, salah satu pendiri Indonesia Offroad Federaton (IOF), Syamsir Alam, meninggal dunia pada tanggal 12 Mei 2022.

Syamsir Alam merupakan salah satu tokoh otomotif nasional yang membesarkan dunia off-road di Indonesia secara total dan menyeluruh.

Baca Juga:
Maksimalkan Performa Off-Road, Ini Sosok Toyota Land Cruiser GR Sport

“Di IOF dulu pak Syamsir di awal-awal ikut membangun dan mengembangkan IOF sampai hari ini. Di IOF sendiri pak Syamsir gak cuma aktif di dunia kompetisinya termasuk di dunia ekspedisi off-road seperti yang pak Syamsir lakukan.” buka Tunggul Birawa, Humas Pengurus Pusat IOF kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (13/5/2022).

Semasa hidupnya, Syamsir terus aktif mengembangkan dunia off-road di Indonesia melalui pengadaan event, bahkan sampai beberapa saat terakhir dalam hidupnya, beliau masih menggarap.

Baca Juga:
Dengan Double-Cabin, Jeep Gladiator Hadirkan Pengalaman Baru Berkendara Off-Road di Indonesia

Meratus Expedition, event terakhir yang digarap Syamsir Alam sebelum wafat (sumber: IG crazysams)

Baca Juga:
Porsche Luncurkan Taycan RWD Versi Murah di Amerika Serikat dan Eropa

“Di beberapa event sebelum meninggal, pak Syamsir jadi lead dan jadi yang surveyor treknya. Ada 2 event besar yang sedang disiapkan pak Syamsir sebelum meninggal, ada Meratus Expedition, di Kalimantan Selatan, dan ekspedisi IKN, start di Kalimantan Timur dan finish di Kalimantan Tengah.” jelas Tunggul.

Pria yang juga wartawan otomotif senior ini mengakui bahwa Syamsir termasuk tokoh yang memiliki dedikasi di dunia off-road yang sangat tinggi, karena masih aktif menggarap event meskipun usianya sudah lebih dari 70 tahun.

Sosok Syamsir sebagai legenda off-road Indonesia juga menjadi inspirasi bagi YouTuber yang berusia jauh lebih muda darinya, yaitu Julian Johan, atau lebih dikenal sebagai Jeje.

Julian Johan (nomor 3 dari kanan) pertama kali ikut off-road bersama Syamsir Alam (sumber: Julian Johan)

Jeje yang juga off-roader ini mengakui bahwa dirinya banyak belajar mengenai off-road dari Syamsir sejak masih usia sekolah, ketika pertama ikut off-road adventure dengan jarak 1 minggu pada tahun 2002 silam.

“Saya banyak belajar dari almarhum, gak cuma masalah teknik bawa mobil aja, tapi juga survival, alam, yang paling penting menurut saya, gimana kita bersikap dengan bijak, terutama mengontrol emosi kalau nyetir off-road.” ungkap Jeje.

Putra salah satu tokoh pendiri IOF Ismail Johan tersebut menambahkan, setelah ikut adventure off-road bersama Syamsir, dirinya jadi tertarik untuk mendalami dunia off-road, dan sekarang menjadi salah satu influencer melalui channel YouTube garapannya, Jejelogy.

“Sepanjang waktu itu juga tahun ke tahun, almarhum banyak juga nuntun saya, supaya gak Cuma nyetirnya, dalam ngebangun mobil, diajarin semua ilmu-ilmunya, sampai sekarang tetap banyak yang dirasa bermanfaat ilmu-ilmunya.” tambah Jeje.

Syamsir Alam meninggal dalam usia 71 tahun di Balikpapan, Kalimantan Timur dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta. Wafatnya Syamsir sontak menjadi viral karena banyaknya penggemar otomotif yang menyampaikan rasa duka citanya di media sosial.

Selamat jalan Pak Syamsir. Terima kasih sudah turut membesarkan dunia off-road Indonesia hingga saat ini. (Joule)