Siap Jadi Mobil Penggerak Depan Tercepat, Honda Civic Type R Generasi Baru Resmi Diperkenalkan

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 21/Jul/2022 17:45 WIB
Honda Civic Type R terbaru berbasis Civic generasi kesebelas. (sumber: Honda) Honda Civic Type R terbaru berbasis Civic generasi kesebelas. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Honda telah resmi mengungkap generasi terbaru untuk lini hatchback varian performa tinggi yaitu Honda Civic Type R. Berbasis Civic generasi kesebelas, Civic Type R generasi terbaru dibuat untuk menjadi mobil produksi berpenggerak depan tercepat. 

“Misi dari Type R adalah mengejar kecepatan dari sebuah mobil balap, dan kenikmatan berkendara tak tertandingi dengan menggabungkan desain dan teknologi canggih. Kami membuat sports model berpenggerak depan terbaik yang pernah ada, sesuai dengan naluri para pelanggan.” buka Hideki Kakinuma, Development Civic Type R generasi baru dalam keterangan resminya (20/7/2022). 

Baca Juga:
Setelah Sempat Menghilang, Varian RS di Honda Fit Versi Facelift Segera Hadir di Jepang

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Diposisikan di Atas HR-V, Honda Mulai Buka Pemesanan Medium SUV ZR-V untuk Pasar Jepang

Di sektor eksterior, Honda membenamkan rear spoiler yang bentuknya mirip GT-Wing dengan material aluminium die-cast, untuk menghasilkan efek downforce lebih kuat serta drag lebih rendah. 

“Kami mendesain kendaraan ini, bagaimana supaya pelanggan bisa merasakan ‘ultimate sports’ kapanpun dan dimanapun, ketika mengemudi, dan ketika melihatnya setelah keluar dari mobil.” jelas Dai Hara, Desainer Civic Type R generasi baru. 

Baca Juga:
Auto Trade, Importir Mobil CBU yang Konsisten Fokus di Mobil Premium Merek Jepang

Selain itu, Civic Type R juga dilengkapi ban standar dengan lebar 265 mm untuk membalut pelek 19 inci berstruktur reverse yang memiliki bobot ringan tetapi kaku, agar lebih menapak. 

(sumber: Honda)

Nuansa racing begitu kentara di kabin baik dari segi tampilan maupun rasa berkendara. Mulai dari setir bermaterial Alcantara dengan jahitan berwarna merah untuk grip lebih baik ketika digenggam, serta 1,6 kali lebih kaku dibanding pendahulunya ketika diputar agar menikung lebih tajam. 

(sumber: Honda)

Selain itu, jok standarnya dirancang agar menahan postur pengemudi ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi di sirkuit, serta bahan polyhedral dan bantalan yang memberikan kenyamanan ketika memiliki kontak erat dengan fisik pengemudi. 

“Begitu Anda duduk di jok, paduan warna hitamnya akan membuat lebih fokus berkendara. Kami membuat kokpit tanpa fokus yang terinterupsi oleh pengemudi.” ungkap Kyoko Shibuya, CMF Designer Civic Type R generasi baru. 

(sumber: Honda)

Mesin yang diusung masih 2.000 cc VTEC Turbo, tetapi dengan monoscroll turbocharger lebih kecil dan ringan. Meskipun belum diketahui besarannya, Honda mengklaim bahwa monoscroll turbocharger tersebut meningkatkan torsi sehingga membuat tarikannya lebih responsif. 

Seperti pendahulunya, mesin 2.000 cc VTEC Turbo Civic Type R generasi terbaru masih disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan yang memiliki kekakuan tinggi, dengan shift knob berbentuk air mata agar lebih akurat dalam pengoperasiannya. 

Meski kentara dengan aura balap, Civic Type R masih fleksibel untuk beragam pemakaian, karena dilengkapi drive mode yang terdiri dari comfort, sport, dan +R. Ketika mesin dimatikan kemudian dinyalakan kembali, mode-nya tidak berubah dari terakhir dipilih.  

(sumber: Honda)

Pemakaian Civic Type R generasi terbaru dapat dipantau melalui panel instrumen yang dilengkapi rev indicator serta menampilkan logo +R ketika mode-nya sedang diaktifkan.  

Selain itu, pemakaian Civic Type R generasi terbaru juga dapat dipantau melalui layar multimedia yang mampu menampilkan performance monitor, besaran G, lap time ketika dipakai di sirkuit, hingga mematikan speed limit yaitu 180 km/jam untuk mobil berspesifikasi Jepang. 

Dengan segala tuning untuk Civic hatchback generasi kesebelas sebagai basis serta improvisasi dari pendahulunya, Civic Type R siap menjadi mobil penggerak depan tercepat. Untuk pasar Jepang, Civic Type R akan dirilis pada September 2022 mendatang. (Joule)