Harga Mulai Rp 270 Jutaan, Ini Fitur Andalan Honda WR-V untuk Bersaing di Segmen Small SUV

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 03/Nov/2022 14:00 WIB
Small SUV Honda WR-V RS Small SUV Honda WR-V RS

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda WR-V untuk bertarung di segmen small SUV (SSUV), atau SUV berukuran mungil dengan kapasitas penumpang 4 hingga 5 orang.

Dibanderol dengan rentang harga antara Rp. 270 hingga 300 jutaan, WR-V akan berhadapan dengan kompetitornya di segmen SSUV, yaitu Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, dan Nissan Magnite.

Baca Juga:
Digeber Rifat Sungkar, Mitsubishi Triton Buktikan Ketangguhannya di Balapan AXCR 2022

Bertepatan dengan peluncurannya pada tanggal 2 November 2022, HPM membeberkan sejumlah fitur unggulan WR-V untuk menghadapi persaingan di segmen SSUV di Indonesia.

“5 tahun lalu, proyek dimulai dengan melihat kebutuhan konsumen di Indonesia akan kendaraan hatchback dan SUV.” buka Poychat Ua-arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia-Pacific Co., ltd. kepada SoundandMachine.com dalam press conference di Senayan Park, Jakarta (2/11/2022).

Baca Juga:
Pakai Platform TNGA Terbaru, Toyota Prius Generasi Kelima Memulai Debut Perdana

Wanita asal Thailand tersebut menambahkan, SSUV harus memiliki dimensi mungil dan memiliki ground clearance tinggi, tetapi juga harus terlihat modern dan stylish, fun to drive, dan ada kesan premium.

Baca Juga:
Harga Rp 500 Jutaan, Teknologi Ini Bikin Chery Tiggo 8 Pro Rasa SUV Premium Senilai Rp 1 Miliar

Memakai platform yang sama dengan low SUV Honda BR-V, WR-V mengusung konsep desain eksterior vibrant and bold, tampil sporti namun khas Honda masa kini dari minimnya lekukan bodi, serta gagang pintu belakang ala coupe seperti kakaknya, yaitu HR-V.

Kemudian interiornya mengusung desain dasbor, panel instrumen, serta setir yang sama seperti BR-V, namun dibedakan dengan aksen warna untuk kesan sporti, khususnya tipe RS.

Menariknya, meski berbodi bungkuk, kabin WR-V lebih lega dari kompetitornya, baik itu head clearance, tandem, leg room, maupun knee clearance. Ditambah lagi posisi mengemudi tinggi, yang membuat invisible length lebih rendah, sehingga tercipta visibilitas yang baik.

Meski berbodi mungil, WR-V memiliki kapasitas bagasi sebesar 380 liter yang bisa muat 2 tas golf atau 5 koper 20 inci, atau 2 unit sepeda road bike apabila jok belakangnya ditekuk.

WR-V dengan mesin kapasitas 1.500 cc dengan tenaga 121 PS di 6.000 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm serupa BR-V, menjadi SSUV paling bertenaga.

Mesin tersebut disalurkan oleh transmisi G-Design Shift CVT yang bekerja melakukan perpindahan gigi sangat halus ketika melakukan akselerasi atau deselerasi, sekaligus lebih hemat bensin sebesar 4% dibanding CVT generasi sebelumnya.

Suspensi depan MacPherson strut dengan geometri, spring rate, dan flex rate yang dioptimalkan, rem cakram 15 inci, serta electric power steering dengan setelan khusus, memberikan rasa fun to drive, namun tetap nyaman untuk mobil ground clearance 220 mm.

Untuk kenyamanan lebih, WR-V dilengkapi peredaman 7 titik di bodi, dan 5 titik di mesin, sehingga menekan kebisingan saat melewati jalanan rusak atau ketika berakselerasi.

Ditambah lagi, kunci WR-V bisa menghidupkan dan menyalakan AC dari jarak 30 m, dan ketika menjauh dari mobil sambil membawa kunci, otomatis akan mengunci ketika berada di jarak 2 m.

WR-V juga dilengkapi sistem keselamatan aktif Honda SENSING, yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification System, dan Auto-High Beam.

Sementara untuk sistem keselamatan pasif, WR-V dilengkapi teknologi struktur G-CON terkini, 6 titik airbag, dan head impact protection interior untuk mereduksi impak pada tubuh pengemudi atau penumpang.

Dengan fitur yang selengkap ini dan dibanderol dengan harga antara Rp. 270 hingga 300 jutaan, WR-V akan menjadi kuda hitam di segmen SSUV. (Joule)