Memulai Debut Global di India Auto Expo 2023, Suzuki Resmi Luncurkan Jimny Model 5 Pintu

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 14/Janu/2023 20:00 WIB
Suzuki Jimny 5-pintu yang debut global di India. (sumber: Suzuki) Suzuki Jimny 5-pintu yang debut global di India. (sumber: Suzuki)

SoundandMachine.com (India) - Suzuki telah resmi melakukan peluncuran perdana secara global untuk versi baru SUV 4x4 legendarisnya, yaitu Suzuki Jimny 5 pintu, dalam perhelatan Auto Expo 2023 di India.

Peluncuran Jimny 5 pintu merupakan bagian dari strategi Suzuki untuk memenuhi kebutuhan pasar SUV di India, dan menjadi model Jimny generasi keempat pertama yang resmi hadir.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Suzuki)

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

“Jimny hadir selama setengah abad dalam sejarahnya. Suzuki telah menjual lebih dari 3,2 juta unit Jimny di seluruh dunia, di 199 negara dan wilayah. Saya dengan bahagia menyatakan bahwa Jimny 5-pintu pertama dibangun di India.“.buka Hisashi Takeuchi, Managing Director and Chief Executive Officer Maruti Suzuki India Limited dalam keterangan resminya (12/1/2023). 

Pada prinsipnya, Jimny 5-pintu merupakan Jimny 3-pintu dengan kapasitas penumpang ekstra, tetapi kemampuan off-road-nya tetap setara dengan Jimny 3-pintu.

Baca Juga:
Mencoba Performa Suzuki Jimny 5-Pintu di Medan Off-road, Begini Kemampuannya

(sumber: Suzuki)

Artinya eksterior dan interior Jimny 5-pintu mengusung desain filosofi yang sama seperti 3-pintu, sehingga kemampuan off-road menjadi concern, dan itu bukan hanya karena sasis ladder frame-nya lebih panjang. 

(sumber: Suzuki)

“Filosofi futurisme yang dibuat, dimana bentuk berbanding lurus dengan fungsi. Seperti misalnya bagian atas pilar A sengaja didesain agar mendapat visibilitas lebih baik, dan bentuk bumper-nya dioptimalkan untuk menghadapi medan lebih berat.” kata Shasank Srivastava, Senior Executive Officer for Marketing and Sales Maruti Suzuki.

Sekedar informasi, Jimny 5-pintu memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dan wheelbase 2.590 mm, sementara Jimny 3-pintu memiliki panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.730 mm, dan wheelbase 2.250 mm.

Untuk performa off-road, pertama dari teknologi 4x4 All-Grip Pro agar pengemudi bisa memilih gir antara 2H, 4H, dan 4L berdasarkan medan jalan yang akan dilaluinya.

(sumber: Suzuki)

Kemudian, Jimny 5-pintu memiliki departure angle 50 derajat, ramp breakover angle 24 derajat, approach angle 36 derajat, dan ground clearance 210 mm. Perbedaannya hanya ramp breakover angle 4 derajat lebih kecil dari 3-pintu.

“Jimny memiliki 4 pilar utama dalam off-road. Pertama, sasis ladder frame yang kuat dengan torsional rigidity tinggi, kedua suspensi three-link yang meningkatkan kontak ke ban, ketiga teknologi 4x4 All-Grip Pro untuk meningkatkan traksi, dan terakhir sudut bodi dan ground clearance untuk menjelajah lebih jauh.” jelas Shasank.

(sumber: Suzuki)

Jimny 5-pintu dibekali piranti penunjang seperti Hill Descent Control, Hill Hold Assist, dan brake limited slip differential.

Mesin yang digunakan juga sama seperti versi 3-pintu, yaitu K15B, begitu juga pilihan transmisinya antara manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dengan demikian, Jimny 5-pintu memiliki performa off-road yang setara dengan versi 3-pintu, tetapi lebih menguntungkan untuk penumpang belakang, karena untuk akses masuknya hanya perlu buka pintu belakang, tidak perlu lipat jok depan.

Hanya saja, jika jok belakangnya dilipat kapasitas bagasi Jimny 5-pintu sebesar 332 liter, sementara Jimny 3-pintu dengan kondisi yang sama sebesar 352 liter.

Terlepas dari soal harga yang masih belum diumumkan oleh Maruti Suzuki, Jimny 5-pintu cocok untuk kebutuhan kemampuan off-road, sekaligus kepraktisan ketika harus berpergian dengan 4-orang termasuk pengemudi. (Joule).