Digantikan Crosstrek, Kembalinya Subaru XV di Indonesia Tidak Sampai Setahun. Begini Detailnya

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 18/Mar/2023 10:00 WIB
Subaru XV, predesesor compact SUV Crosstrek yang kembali hadir di Indonesia tidak sampai setahun, setelah diluncurkan pada bulan Agustus 2022 silam. Subaru XV, predesesor compact SUV Crosstrek yang kembali hadir di Indonesia tidak sampai setahun, setelah diluncurkan pada bulan Agustus 2022 silam.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Subaru Indonesia telah resmi meluncurkan compact SUV Subaru Crosstrek pada tanggal 10 Maret 2023 dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Awalnya Crosstrek merupakan Subaru XV versi pasar Amerika Serikat dan Kanada. Kemudian mulai tahun 2023, nama Crosstrek dipakai secara global, sebagai generasi penerus dari XV, termasuk untuk pasar Indonesia.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Kehadiran Crosstrek di Indonesia termasuk cepat, karena di Jepang setelah debut perdana pada bulan September 2022, mulai dipasarkan pada bulan Desember 2022 silam, dan di Amerika Serikat diluncurkan pada bulan Februari 2023 dalam pameran Chicago Auto Show.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Namun di sisi lan, kehadiran Crosstrek membuat kiprah XV yang baru saja kembali hadir di Indonesia melalui agen pemegang merek barunya, menjadi singkat karena tidak sampai setahun, setelah diluncurkan pada bulan Agustus 2022 silam.

“Kita launching XV di Indonesia itu Agustus 2022, tepat 1 bulan, Subaru Corporation Jepang melakukan global launch Crosstrek ini.” buka Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (13/3/2023).

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Subaru Indonesia mengklaim bahwa para pelanggannya sudah mengetahui betul mengenai adanya Crosstrek yang menjadi penerusnya tersebut, sehingga membuat para pelanggannya ‘berebut’ mendapatkan salah satu unit XV.

“Pada saat mereka tahu bahwa ada generasi penerus XV, tidak menghalangi niat mereka untuk membeli, bahkan mereka di luar dugaan kita sangat antusias membeli XV generasi kedua sebelum discontinue, karena akan menjadi mobil rare.” jelas Arie.

Subaru Indonesia sudah menurup inden XV sejak akhir November 2022 silam, karena oleh pabriknya di Jepang unitnya benar-benar sudah habis, dan produksinya dihentikan untuk diteruskan ke Crosstrek..

“Mulai November 2022 akhir, kalau ada customer ke dealer kami mau beli XV, ‘maaf pak sudah habis. Bapak mending nunggu nanti Crosstrek’, karena benar-benar sudah habis, bahkan ada beberapa calon-calon pembeli kami ‘maksa’, ‘masa sih gak ada’, memang benar-benar gak ada karena sudah dipesan customer semua.” cerita Arie.

XV merupakan lini kedua Subaru setelah kembali ke Indonesia mulai tahun 2022 silam, menjadi satu-satunya dengan penggerak All-Wheel Drive di kelasnya dengan harga sangat kompetitif, yaitu Rp. 449,5 juta dan Rp. 499,5 juta untuk varian dengan sistem keselamatan aktif EyeSight.

“Itulah uniknya Subaru, jadi setiap generasi mempunyai karakter dan konsep masing-masing. Kita di Subaru tidak mengenal bahwa XV generasi kedua berakhir, jadi tertinggal lalu ada generasi terbaru.” pungkas Arie. 

Semoga Crosstrek bisa lebih memuaskan para pelanggan Subaru, dan juga lebih menarik para pelanggan baru. (Joule)