Siap Puaskan Hasrat Para Pencinta Kecepatan, Honda Luncurkan Civic Type R Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 31/Mar/2023 12:00 WIB
Honda Prospect Motor Luncurkan hatchback performa tinggi Honda Civic Type R Generasi Baru. Honda Prospect Motor Luncurkan hatchback performa tinggi Honda Civic Type R Generasi Baru.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia, telah resmi meluncurkan generasi terbaru untuk hatchback performa tingginya yaitu Honda Civic Type R, pada tanggal 30 Maret 2023 di Raffles Hotel, Jakarta.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Civic Type R yang diluncurkan oleh PT. HPM merupakan generasi keenam untuk Civic Type R dengan kode FL5, dan menggunakan basis Civic hatchback generasi kesebelas.

Sekedar informasi, PT. HPM memasukkan Civic generasi kesebelas baru varian sedannya saja, sementara untuk hatchback tepatnya non-Type R masih belum.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

“Civic Type R dikembangkan mengusung tema ‘The Ultimate Sport’, dimana mobil ini mengejar kecepatan, kesenangan berkendara yang luar biasa dari mobil balap, menanamkan teknologi fungsional, mempertajam performa serta keselamatan dalam berkendara.” buka Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director of PT. HPM kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (30/3/2023).

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Di sektor eksterior, Honda membenamkan rear spoiler yang bentuknya mirip GT-Wing dengan material aluminium die-cast, untuk menghasilkan efek downforce lebih kuat serta drag lebih rendah. 

Selain itu, Civic Type R juga dilengkapi ban standar dengan lebar 265 mm untuk membalut pelek 19 inci berstruktur reverse yang memiliki bobot ringan tetapi kaku, agar lebih menapak, dan rem 2-piece rotor dan kaliper Brembo untuk performa lebih dalam pengereman. 

Interior Civic generasi kesebelas disulap menjadi sebuah kabin dengan nuansa racing yang kentara, baik dari segi tampilan maupun materialnya, seperti setir berlapis Alcantara untuk grip lebih baik ketika digenggam dan menikung dengan kecepatan tinggi..

Jok standarnya dirancang agar menahan postur pengemudi ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi di sirkuit, serta bahan polyhedral dan bantalan yang memberikan kenyamanan ketika memiliki kontak erat dengan fisik pengemudi.

All-New Civic Type R masih bermesin K20C1 turbo, tetapi tenaganya meningkat dari 310 PS menjadi 319 PS, begitu juga torsinya dari 400 Nm menjadi 420 Nm, berkat improvisasi efisiensi di turbo, peningkatan intake flow 10% dan exhaust flow 13%, serta pressure drop reduction.

Mesin tersebut disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan, yang menariknya sudah dilengkapi sistem keselamatan aktif Honda Sensing. 

Sekedar informasi, Honda Sensing hanya ada di lini Honda bertransmisi CVT, sehingga Civic Type R merupakan lini Honda pertama di Indonesia yang dilengkapi Honda Sensing untuk transmisi manual.

All-New Civic Type R dilengkapi fitur Log R, dimana pengemudi bisa mengatur setelan mesin, transmisi, dan suspensi sesuai preferensi pengemudi, dan juga memiliki panduan berkendara ketika memacu kendaraannya di sirkuit, seperti misalnya stopwatch untuk catatan waktu.

Dengan harga Rp. 1,399 Miliar, Civic Type R sudah mencetak 95 surat pemesanan kendaraan (SPK) sebelum peluncuran, dan serah terima 10 unit pertama ketika diluncurkan. 

“Dengan bangga kami persembahkan untuk pertama kalinya di Indonesia, yang paling cepat dan bertenaga, All-New Honda Civic Type R. Saya yakin kalian akan takjub dengan apa yang membuat mobil ini spesial.” pungkas Kotaro Shimizu, President Director PT. HPM. (Joule)