Semuanya Bertenaga Listrik, Ini Dia Empat Mobil yang Jadi Kendaraan Resmi KTT ASEAN 2023

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 11/Mei/2023 16:00 WIB
Mobil listrik yang jadi kendaraan resmi KTT ASEAN 2023. (sumber: BMW, Toyota, Hyundai, Wuling) Mobil listrik yang jadi kendaraan resmi KTT ASEAN 2023. (sumber: BMW, Toyota, Hyundai, Wuling)

SoundandMachine.com (Labuan Bajo) - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk negara Asia Tenggara anggota ASEAN diadakan pada tanggal 9-11 Mei 2023, dan Indonesia terpilih sebagai negara tuan rumah, tepatnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk mendukung pemerintah dalam percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, para pabrikan otomotif beramai-ramai menyerahkan lini mobil listrik menjadi kendaraan resmi.

Baca Juga:
Adakan X-Day, BMW Astra Ajak Masyarakat Rasakan Berbagai Lini SUV BMW Terbaru

“KTT ASEAN 2023 adalah showcase yang penting bagi kita untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam bertransisi menuju energi bersih.” buka Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam keterangan resminya (29/5/2023).

1. BMW iX

Baca Juga:
Satu Lagi Merek Mobil Listrik Asal Tiongkok, Aion Y Plus Tawarkan Sejumlah Keunggulan yang Beda

(sumber: BMW)

Baca Juga:
Tambah Lagi Merek Mobil Baru Asal Tiongkok, Zeekr Siap Bawa Mobil Listrik Premium di Indonesia

BMW merupakan pabrikan otomotif pertama yang menyerahkan mobil listriknya ke Kemensetneg, tepatnya pada tanggal 13 April 2023 silam. 

Mobil listrik yang diserahkan adalah BMW iX sebanyak 13 unit, sebagai kendaraan resmi para presiden dan perdana menteri dari 10 negara peserta KTT ASEAN 2023.

“BMW iX yang digunakan pada KTT ASEAN 2023 adalah Sport Activity Vehicle full-listrik premium modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis.” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

2. Toyota bZ4X

(sumber: Toyota)

Kemudian Toyota menyerahkan 65 unit bZ4X kepada Kemensetneg, sebagai bagian kendaraan resmi untuk anggota delegasi dari berbagai negara, pada tanggal 17 April 2023.

“Pemilihan Toyota bZ4X merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman KTT G20 lalu untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi,” jelas Hiroyuki Ueda, President PT Toyota-Astra Motor (TAM).

3. Hyundai Ioniq 5 Long Range

(sumber: Hyundai)

Di tanggal yang sama dengan Toyota, Hyundai juga turut menyerahkan mobil listrik Ioniq 5 Long Range produksi lokal kepada Kemensetneg sebanyak 117 unit, menjadi lini sebagai kendaraan resmi KTT ASEAN 2023 terbanyak.

117 unit tersebut digunakan untuk berbagai keperluan mobilitas menteri, protokol, security dan penyelamatan dalam rangkaian VVIP dan Spouse.

“Penggunaan Ioniq 5 dalam mendukung kelancaran di ajang internasional ini pun memperkuat komitmen Hyundai untuk mendorong era elektrifikasi di industri otomotif Tanah Air dan memberikan solusi mobilitas terbarukan bagi masyarakat.” ungkap Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

4. Wuling Air EV Long Range

(sumber: Wuling)

Wuling juga menyerahkan mobil listrik produksi lokalnya kepada Kemensetneg sebagai kendaraan resmi KTT ASEAN 2023, yaitu Air EV Long Range sebanyak 50 unit untuk   mendukung mobilitas para delegasi.

“Dukungan kami berupa 50 unit Air ev akan menghadirkan layanan mobilitas bebas emisi dan tentunya ramah lingkungan kepada seluruh delegasi. Langkah ini merupakan wujud nyata untuk berkontribusi dalam menciptakan udara yang lebih bersih di masa depan.” ujar Shi Guoyong, President Director Wuling Motors.

Jika ditotal, mobil listrik yang menjadi kendaraan resmi KTT ASEAN 2023 sejumlah 245 unit. (Joule)