Lebih Tangguh dan Futuristis, Mitsubishi Triton Generasi Baru Resmi Diluncurkan Perdana Secara Global

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 27/Jul/2023 18:00 WIB
Mitsubishi Triton generasi keenam yang tampil perdana secara global. (sumber: Mitsubishi) Mitsubishi Triton generasi keenam yang tampil perdana secara global. (sumber: Mitsubishi)

SoundandMachine.com (Thailand) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah resmi melakukan peluncuran perdana generasi terbaru untuk lini pick-up dan double cabin Mitsubishi Triton, pada tanggal 26 Juli 2023 di Bangkok, Thailand.

Triton, yang kini sudah memasuki generasi keenam, diluncurkan dengan konsep “Power for Adventure” untuk mengikuti perkembangan zaman, terutama dari segi kebutuhan pasar.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

“Fitur utama all-new Triton dikembangkan secara eksklusif oleh Mitsubishi Motors, termasuk sasis ladder frame tangguh, mesin bertenaga dan ramah pengemudi, serta sistem 4WD yang mencapai pengendalian dan stabilitas jalan raya yang luar biasa.” buka Takao Kato, President and Chief Executive Officer MMC dalam keterangan resminya (26/7/2023).

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

(sumber: Mitsubishi)

Eksterior Triton mengusung konsep Dynamic Shield yang lebih mencuatkan kesan tangguh disamping futuristis, namun tetap memperhatikan fungsinya. 

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Seperti misalnya handel pintu lebih besar agar lebih nyaman digenggam, bentuk kabin dan rear spoiler lebih aerodinamis, bentuk bodi yang mudah dilihat pengemudi, dan ketinggian kargo diturunkan 45 mm hingga menjadi 820 mm agar lebih praktis.

Namun yang tidak kalah penting adalah bodi Triton generasi baru lebih ringan namun tetap kokoh saat mengangkut beban berat atau tabrakan, berkat material high tensile steel.

(sumber: Mitsubishi)

Kemudian untuk interior, Triton generasi baru memiliki keseimbangan antara fungsi dan estetika lebih baik, dalam arti bukan hanya tampilan lebih modern tetapi juga lebih membantu pengemudi.

(sumber: Mitsubishi)

Sebut saja panel instrumen horizontal axis concept yang mudah dilihat oleh pengemudi ketika mengemudi, tombol-tombol yang respon meski penggunanya menggunakan sarung tangan, jok desain baru, dan setir, handel pintu, serta pegangan dibuat lebih nyaman dan kokoh.

(sumber: Mitsubishi)

Triton generasi baru menggunakan mesin Diesel 4N16 yang memiliki 3 varian tenaga kuda di 3.500 rpm dan torsi, yaitu 150 PS dan 330 Nm di 1.500-3.000 rpm, 184 PS dan 430 Nm di 2.250-2.500 rpm, dan 204 PS dan 470 Nm di 1.500-2.750 rpm.

Mesin tersebut disalurkan ke transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan, dengan penggerak two-wheel drive (2WD) atau four wheel drive (4WD) yang sudah dilengkapi active LSD braking control type, yaitu menginjak rem untuk mengatasi ban slip.

Sistem 4WD Super Select 4WD-II-nya juga diimprovisasi dengan adanya mode Normal di semua mode, 2H untuk medan aspal sebagai Eco Mode, 4H untuk medan gravel atau salju, 4HLc untuk medan lumpur dan padang pasir, dan 4LLc untuk medan bebatuan.

Selain itu, semua varian 4WD-nya sudah dilengkapi Active Yaw Control (AYC) yang aktif dengan sedikit menginjak rem saat menikung, ditambah Active Stability and Traction Control sebagai standar, sehingga membuat performa di tikungan lebih baik.

Triton generasi baru masih mengusung sasis ladder frame, akan tetapi lebih tebal 65 persen, sehingga lebih kaku 40 persen untuk bending rigidity dan 60 persen untuk torsional rigidity.

Suspensi Triton generasi baru juga sudah diimprovisasi, tepatnya suspension arm bagian atas dinaikkan 20 mm, dan penggunaan per daun lebih ringan serta sokbreker lebih tebal pada suspensi belakang, sehingga lebih nyaman dan napak.

Meski berbodi lebih besar, Triton generasi baru lebih mudah dikemudikan karena radius putar lebih kecil, ditambah electric power steering khusus varian mesin dengan tenaga yang lebih besar.

Tak kalah penting, Triton generasi baru mulai dilengkapi Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Mitigation system (FCM), Blind Spot Warning (BSW) with Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang membantu menghindari benturan.

“Dengan produksi yang diharapkan mencapai 200.000 kendaraan di lebih dari 100 negara, All-New Triton adalah model yang akan memberikan dukungan mendasar bagi Mitsubishi Motors, serta kendaraan strategis global pertama diluncurkan pada fase awal pertumbuhan kami.” pungkas Kato. (Joule)