Pelanggan Upgrade Audio Mobil Listrik Meningkat, Cartens Autosound Pasang EV Charger di Gerainya

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 05/Sep/2023 10:00 WIB
Charger khusus mobil listrik di gerai audio Cartens Autosound. Charger khusus mobil listrik di gerai audio Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi para instalatur, upgrade audio mobil listrik mungkin sudah hampir seperti upgrade audio di mobil bermesin pembakaran dalam dari segi tingkat kesulitan. 

Beberapa instalatur audio sudah melakukan upgrade audio mobil listrik dengan beragam tingkat kesulitan, mulai dari hanya ganti speaker hingga pasang power amplifier class-A yang membutuhkan keterampilan lebih, ditambah tergolong baru.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Disamping keterampilan, instalatur juga harus menjaga kepuasan pelanggan yang minta upgrade audio mobil listrik, salah satunya baterai sudah terisi ketika serah terima kembali.

Baca Juga:
Segera Digelar, Ini Sederet Pabrikan Mobil Listrik yang Akan Ramaikan Pameran PEVS 2024

Itulah mengapa gerai audio Cartens Autosound memasang charger dari PLN, khusus pelanggan dengan mobil listrik yang notabene sudah semakin banyak.

“Kita banyak banget ngerjain mobil-mobil elektrik, mulai dari Kona, Ioniq 5, terakhir Kia EV6, kemungkinan mobil-mobil listrik bakal banyak. Kemarin aja sekali masuk bisa 3 mobil. Kita hitung-hitung sebulan sekitar 30 persen.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (1/9/2023).

Baca Juga:
Gandeng Kemenko Marves, Neta Tinjau Persiapan SPKLU di Tol Trans Jawa Jelang Lebaran

Sebelum memasang charger, Eddie mengaku harus ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat untuk mengisi baterai mobil pelanggan.

Namun untuk mengisi baterai di SPKLU, kendala yang sering terjadi adalah harus mengantri dengan pemakai mobil listrik lain.

“Kesulitan kami adalah butuh nge-charge kita ke SPKLU, cuma pas di sana lagi ngantri, jadi mau ngecas agak rumit. Kita pikir lebih baik sediain 1 charger di workshop, jadi kita bisa nge-charge mobil customer kita.” ungkap Eddie.

Dengan memasang wall charging di gerainya, Eddie tidak perlu lagi ke SPKLU untuk mengisi baterai mobil listrik milik pelanggannya, mulai 1 September 2023.

Charger yang dipasang memiliki kapasitas 7 kWh seperti home charger mobil listrik di rumah, dengan waktu pengisian daya sekitar 11 jam apabila dari 0 sampai penuh. 

Berhubung daya listrik di gerainya sekitar 10.500 Watt, daya listrik mobil pelanggan hanya diisi ketika operasional tutup saja, untuk menghindari kelebihan muatan karena banyaknya pemakaian di jam gerai buka.

“Kecuali kalau mau kondisi operasional jalan, kita minta meteran satu lagi sama PLN. Minta instalasi 1 baru.” tambah Eddie. 

Sementara untuk stekernya menggunakan universal type 2 yang kompatibel dengan mobil listrik dari pabrikan Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok pada umumnya. 

“Mobil Eropa kayak BMW, mungkin pakai wall charger yang berbeda, jadi butuh converter lagi. Kepalanya ada di mobilnya.” kata Eddie.

Pemasangan charger akan memudahkan gerai Cartens Autosound dalam melayani pelanggan yang ingin upgrade audio mobil listrik kesayangannya. Gerai audio lain ada yang tertarik pasang charger mobil listrik juga? (Joule)