Penjualan Mobil Suzuki di Dunia Capai 80 Juta Unit, Model ini Jadi Paling Laku

  • Oleh : anto

Minggu, 08/Okt/2023 10:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Kabar baik datang dari Suzuki Motor Corporation, dimana penjualan mobil Suzuki di dunia capai 80 juta unit, dimana ada satu model yang jadi paling laku.  
 
Induk perusahaan berlogo S ini mencatatkan penjualan kendaraan roda empat global secara kumulatif telah mencapai 80 juta unit hingga akhir Agustus 2023.  
 
Penjualannya ini terbagi menjadi 28,9 juta unit mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri.  
 
Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, di India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10% dan Asia sebesar 13,5%.
 
Sisanya di wilayah lainnya sebesar 7,8% meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika dan negara lainnya.
 
Kilas balik Suzuki pertama kali meluncurkan kendaraan roda empat ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, Suzulight, pada Oktober tahun 1955.  
 
Sebagai catatan, angka penjualan mobil Suzuki sebanyak 80 juta unit ini merupakan perhitungan kumulatif sejak pertama kalinya kendaraan berlogo S ini dijual massal hingga akhir Agustus 2023 lalu,
 
Dalam keterangan resmi Suzuki Indonesia yang diterima Tim Soundandmachine.com (4/10/2023), Suzuki selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk original yang telah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.  
 
Suzuki juga terus bergerak maju dengan inovasi dan pengembangan beragam jenis kendaraan ringan roda empat.  
 
”Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk Suzuki,” jelas Toshihiro Suzuki, Representative Director and President (Chairman of the Board of Directors.
 
Disebutnya, Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri.  
 
“Meninjau kembali prinsip ‘Menempatkan diri pada posisi pelanggan’ yang telah diturunkan dari pendiri kami, Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai 'Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)' yang mewakili inti manufaktur Suzuki,” lanjutnya.
 
Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, dan mobil Suzuki telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.
 
Suzuki Alto, saat ini menyumbang 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu.  
 
“Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan,” tutup Toshihiro.
 
Kedepannya, Suzuki akan terus memproduksi mobil yang berasal dari sudut pandang konsumen yang ada di seluruh dunia dan menyediakan produk yang memiliki value untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. (anto)

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur