Honda WR-V Diperkenalkan di Jepang, Wujudnya Beda Jauh dengan Versi Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 18/Nov/2023 10:00 WIB
Honda WR-V untuk pasar Jepang (sumber: Honda). Honda WR-V untuk pasar Jepang (sumber: Honda).

SoundandMachine.com (Jepang) - Setelah diluncurkan di Indonesia pada 2 November 2022 lalu, Honda Motor Co., Ltd. (Honda) telah resmi meluncurkan WR-V untuk pasar Jepang, mengisi segmen SUV dengan kelas di bawah Vezel, atau HR-V di Indonesia.

Itu berarti Honda akan memiliki SUV yang bisa bersaing dengan Toyota Raize atau Daihatsu Rocky di pasar Jepang.

Baca Juga:
Perbaikan Eksterior Semakin Mudah, Honda Resmikan Bengkel Bodi dan Cat di Kota Malang

“WR-V dikembangkan dengan tujuan menjadi mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ingin mengekspresikan cara hidupnya dengan ide-ide yang lebih bebas, tanpa terikat oleh praduga atau stereotip.” tulis Honda dalam keterangan resminya (16/11/2023).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

(sumber: Honda)

Namun menariknya, WR-V pasar Jepang berbeda dengan pasar Indonesia, karena mengambil basis dari Honda Elevate yang dipasarkan di India. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Padahal dari segi ukuran, dimensi Elevate lebih besar dari WR-V pasar Indonesia, yang notabene biasanya mobil dengan ukuran mungil lebih diminati di Jepang, karena bisa berpengaruh pada pajak atas dimensi kendaraan.

Sebagai perbandingan, WR-V pasar Indonesia memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm, serta wheelbase 2.485 mm.

Sementara WR-V pasar Jepang dengan basis Elevate, memiliki panjang 4.312 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.650 mm, serta wheelbase 2.650 mm.

WR-V pasar Jepang mengusung konsep “Masculine and Confident” yang mengekspresikan kekokohan dan rasa aman serta percaya. 

(sumber: Honda)

Interiornya memiliki desain yang sederhana dan horizontal, lebih menjangkau beberapa tombol. serta memiliki beberapa tempat penyimpanan, termasuk botol plastik berukuran 1 liter.

(sumber: Honda)

Jok pengemudinya dirancang memiliki bidang pandang jelas karena posisi seperti sedan, namun tinggi hingga dapat melihat kap mesin dengan jelas.

Kemudian untuk jok belakang dilengkapi lapisan pintu bagian bawah dan bentuk sandaran jok depan dirancang untuk menciptakan ruang kaki luas sehingga memudahkan untuk keluar masuk kendaraan. 

(sumber: Honda)

Area bagasinya memiliki bentuk dinding yang hampir datar dan penyimpanan di bawah lantai, sehingga menghasilkan kapasitas besar hingga terbaik di kelasnya untuk pasar Jepang.

Tentunya, WR-V pasar Jepang sudah dilengkapi Honda Sensing dengan deretan fitur yang menjaga agar tidak terjadi benturan sekaligus memberika kenyamanan.

Seperti Collision mitigation brake (CMBS), False start prevention function termasuk ketika mobil mundur dan jarak dekat, short-distance collision mitigation brake, Pedestrian accident reduction steering, road departure prevention function, Adaptive cruise control (ACC), dan sebagainya.

Untuk sektor dapur pacu, hanya tersedia mesin 1.500 cc L15ZF DOHC i-VTEC I4 bertenaga 121 PS dan dan torsi 145 Nm seperti pasar Indonesia, dan kabarnya akan tersedia varian motor listrik baterai. (Joule).