Pabrikan Otomotif Tiongkok BYD Resmi Hadir di Indonesia, Luncurkan Tiga Mobil Listrik Canggih

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 19/Janu/2024 18:00 WIB
Pabrikan otomotif asal Tiongkok Build Your Dreams (BYD) resmi hadir di Indonesia. Pabrikan otomotif asal Tiongkok Build Your Dreams (BYD) resmi hadir di Indonesia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pabrikan otomotif asal Tiongkok Build Your Dreams (BYD) telah resmi masuk Indonesia, setelah peluncurannya pada tanggal 18 Januari 2024 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Jika sebelumnya kehadiran BYD di Indonesia lebih menyasar pada segmen fleet seperti taksi dan bus kota berpenggerak motor listrik, kali ini mulai merambah ke segmen kendaraan penumpang.

Baca Juga:
Test Drive Mobil Listrik BYD Dolphin Rute Jakarta - Bogor - Tangerang, Fitur Unik Nyetir Jadi Asyik

“Pada 2018, kami memulai perjalanan kami dengan memberi kontribusi pada layanan transportasi umum di Indonesia, dengan menyediakan 52 unit EV bus untuk kota Jakarta, 82 taksi listrik, dan 126 unit forklift untuk negara ini.” buka Eagle Zhao, President Director PT. BYD Motor Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (18/1/2024).

BYD hadir dengan sejumlah teknologi canggih andalan yang akan hadir di lini kendaraan penumpang listriknya.

Baca Juga:
Akan Bawa Lini Mobil Listrik Penumpang, Pabrikan Otomotif Tiongkok BYD Siap Hadir di Indonesia

“BYD tidak jual mobil, kami memberikan inovasi dan teknologi terbaru kepada konsumen kita. Teknologi inovasi ini konsep dari BYD.” kata Nathan Sun, Operation Director of BYD Motor Indonesia.

Baca Juga:
Akan Bawa Teknologi Elektrifikasi Inovatif, Pabrikan Otomotif Cina BYD Siap Hadir di Indonesia

Pertama, baterai blade technology yang bertenaga namun lebih aman dari terjadinya kebakaran saat terjadi benturan. Baterai tersebut juga membuat kendaraan penumpang BYD memilik daya jelajah paling pendek sejauh 410 km. 

Selain itu, kendaraan penumpang BYD menggunakan rancang bangun yang memang didedikasikan untuk kendaraan listrik, yaitu e-platform 3.0. 

Rancang bangun tersebut membuatnya bisa menempuh jarak sekitar 150 km setelah baterainya diisi dalam waktu 5 menit, dan memungkinkan memiliki daya jelajah sejauh 1.000 km serta berakselerasi dalam waktu 2.9 detik tergantung produknya.

Kendaraan penumpang listrik BYD juga memiliki struktur Chassis to Body (CTB) technology, dengan struktur sandwich dan honeycomb aluminium, serta mampu memiliki jarak tempuh sejauh 150 km setelah pengisian baterai dalam waktu 15 menit.

Diluar teknologi kendaraan listrik, layar multimedia-nya bisa diubah orientasinya antara portrait dan landscape melalui fitur adaptive rotating touch screen yang ditekan di layar atau di setir.

Selain meluncurkan brand, BYD juga memperkenalkan 3 model kendaraan listrik yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, yaitu hatchback Dolphin,, SUV Atto 3, dan sedan Seal.

BYD Dolphin merupakan hatchback dengan rumah roda seperti SUV, dengan pilihan daya jelajah antara 410 km dan 490 km.

Kemudian BYD Atto 3 merupakan SUV dengan pilihan jarak tempuh antara 410 km dan 480 km.

Terakhir sedan listrik performa tinggi BYD Seal, dengan pilihan jarak tempuh antara 510 km, 650 km, dan 580 km all-wheel drive dengan kemampuan berakselerasi dari nol ke 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik.

“Kami yakin dengan teknologi dari BYD yang diluncurkan di Indonesia, pasti kami akan memberikan teknologi terbaru, produk terbaik, pelayanan bagus kepada seluruh konsumen di Indonesia. Kami yakin ke depan yang pakai mobil BYD ini best choice.”

Untuk saat ini BYD masih belum mengumumkan harga jual, dan unit tersebut masih impor dari Tiongkok. Akan tetapi, BYD ada rencana untuk membuka pabrik di Indonesia agar dapat memasarkan produk CKD.

“Kami berharap ekspansi di Indonesia, BYD menjadi salah satu benchmark di pasar. Dibanding Thailand, Indonesia paling mendukung lebih banyak, secara lingkungan atau infrastruktur menolong. Kita optimis EV akan berkembang di Indonesia lebih cepat.” ungkap Liu Xueliang, General Manager of BYD Asia-Pacific Auto Sales Division.

Selain itu, BYD juga sudah membuka 7 dealer resmi di Jakarta, dari 50 dealer yang direncanakan pada tahun 2024. (Joule)