GWM Resmi Buka Showroom Pertama di Indonesia. Ini Produk dan Keunggulannya

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 24/Mar/2024 14:00 WIB
Showroom pabrikan otomotif asal Tiongkok GWM pertama di Indonesia, Pondok Indah Mall 1. Showroom pabrikan otomotif asal Tiongkok GWM pertama di Indonesia, Pondok Indah Mall 1.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pabrikan otomotif asal Tiongkok kian menyerbu pasar Indonesia, dan kali ini adalah Great Wall Motors (GWM) yang baru saja meluncurkan operasional penjualannya pada tanggal 21 Maret 2024 di Pondok Indah Mall. Jakarta.

Peluncuran operasional penjualan GWM menjadi babak baru setelah melakukan perkenalan produk melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan mulai buka harga jual lini mobilnya di pameran BCA Expoversary 2024.

Baca Juga:
Tambah Satu Lagi Merek Mobil Cina, JHL Group Resmi Jadi Distributor BAIC di Indonesia

“Kendaraan GWM telah kami perkenalkan di event GIIAS tahun lalu, mendapat respon yang sangat positif dari berbagai pihak. GWM memilih Indonesia sebagai hal yang sangat potensial, karena pasar otomotif terus berkembang dan salah satu terbesar di Asia.” buka Constantius Herlijoso, General Manager GWM Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (21/3/2024).

Baca Juga:
Dua SUV Baru GWM Indonesia Tawarkan Kebutuhan Mobilitas Berteknologi Terkini

Berbeda dengan pabrikan otomotif Tiongkok lain yang memulai penjualan dari kendaraan listrik, GWM memulainya dari kendaraan hybrid atau kombinasi antara mesin pembakaran dalam dan motor listrik.

“Hybrid merupakan kendaraan dengan pertumbuhan tertinggi di tahun 2023. Kita tahu penjualan wholesales kendaraan hybrid di tahun 2023 mencapai lebih dari 52.000 unit atau kurang lebih 10 kali lipat sebelumnya.” jelas Joso, sapaan Constantinus Herlijoso.

Baca Juga:
Gebrakan Great Wall Motors di GIIAS 2023 Hadirkan Merek Haval, Ora dan Tank

Namun hal paling menarik dari mobil Hybrid GWM adalah jika melihat harga jual yang tidak berubah sejak pameran BCA Expoversary 2024, dan spesifikasi dapur pacunya.

Dengan harga Rp. 1,196 Milyar, Tank 500 jelas menjadi mobil Tiongkok termahal di Indonesia, yang mungkin terkesan tidak wajar mengingat pendatang baru dan dari Tiongkok. 

Namun Tank 500 bermesin 2.000 cc 4-silinder bensin turbo dengan tenaga 346 PS dan torsi 648 Nm, sementara Hyundai Palisade AWD dengan selisih sekitar Rp. 15 juta lebih murah, mesin 2.200 cc turbo Diesel-nya bertenaga 200 PS dengan torsi 441 Nm.

Kemudian Haval H6 dengan harga Rp. 595,8 juta, mesin 1.500 cc turbo hybrid Haval H6 bertenaga 243 PS dan torsi 530 Nm, sementara mesin 2.000 cc naturally-aspirated CR-V Hybrid yang dibanderol Rp. 218,6 juta lebih mahal dari H6, bertenaga 207 PS dan torsi 335 Nm.

Kembali ke operasional penjualan, GWM sudah membuka showroom permanen pertamanya di Indonesia, yang berlokasi di Pondok Indah Mall 1 dengan konsep experience center yang menawarkan pelayanan lebih untuk pelanggan disamping penjualan.

Akan tetapi, showroom tersebut hanya melayani penjualannya saja, sementara untuk layanan service dan sparepart baru beroperasi di awal Mei 2024 pasca Hari Raya Idul Fitri.

“Di awal Mei, kami akan siap dengan 3S dealer pertama kami yang berlokasi di Tomang, Jl. Arjuna di belakang Mal Taman Anggrek. Melayani konsumen dari penjualan, sparepart, dan purna jual.” pungkas Stefanus Asiantara, General Manager Retail Sales GWM Indonesia. (Joule)