Merek Mobil Cina Terus Bertambah, Indomobil Jadi Distributor Resmi GAC Aion di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 03/Apr/2024 16:00 WIB
Seremoni penandatanganan antara GAC Group dengan Indomobil sebagai distributor resmi kendaraan GAC Aion di Indonesia. Seremoni penandatanganan antara GAC Group dengan Indomobil sebagai distributor resmi kendaraan GAC Aion di Indonesia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pabrikan otomotif asal Tiongkok semakin meriahkan pasar otomotif Indonesia, jika dilihat dari pabrikan yang terus bertambah, dan kali ini GAC Aion dari Guangzhou Automobile Group Co., Ltd (GAC Group).

GAC Group merupakan perusahaan besar dan grup otomotif dengan rantai industri terlengkap di China. GAC Group memiliki 4 brand mobil penumpang  utama seperti GAC Toyota, GAC Honda, GAC Motor dan GAC Aion.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Melalui penandatanganan Perjanjian Distribusi pada tanggal 2 April 2024, GAC Group telah resmi bekerjasama strategis dan menunjuk Indomobil Group sebagai distributor GAC Aion di Indonesia.

“Sejalan dengan komitmen Indomobil Group serta peran aktif korporasi dalam pengurangan  emisi karbon, kami dengan bangga menghadirkan GAC Aion sebagai salah satu dari top 3  manufaktur kendaraan listrik di dunia.” buka Jusak Kertowidjojo, selaku Presiden Direktur  Indomobil Group dalam keterangan resmi (2/4/2024).

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Kehadiran GAC Aion di Indonesia merupakan bagian dari implementasi strategi globalisasi pada tahun 2023 untuk memasuki  pasar ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam dan Filipina. 

Sebelumnya, GAC Aion telah  berinvestasi dan membangun basis manufaktur luar negeri pertamanya di Thailand, dan akan mulai menyediakan produk energi baru untuk Indonesia. 

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Selain memiliki populasi penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki pasar otomotif dan tingkat perekonomian tinggi, kaya sumber daya mineral, dan kebijakan industrinya mendukung, sehingga potensial untuk menjadi basis produksi setelah Thailand.

“Saya ingin memperkenalkan GAC Aion sebagai anak perusahaan GAC Group yang didirikan pada tahun 2017, dan bertujuan untuk menjadi merek kendaraan listrik cerdas kelas dunia di sepanjang jalur pengembangan EV  (baterai EV) + ICV (kendaraan terhubung cerdas),” ucap Mr. Gu Hui Nan, selaku Managing Director GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd.

Selaras dengan komitmen kedua belah pihak dalam pengurangan emisi karbon dan peran aktif  korporasi dalam penyediaan kendaraan ramah lingkungan, Indomobil Group bersama GAC Aion juga  akan mengembangkan industrialisasi kendaraannya di Indonesia.    

(sumber: GAC)

GAC Aion berkomitmen untuk menjadi pencipta nilai terdepan secara global dan dipercaya publik  dalam menghadirkan kendaraan listrik yang cerdas serta ramah lingkungan. 

Di dalamnya memiliki  dua merek besar yaitu Aion dan Hyper. Lini produknya mencakup model seperti sedan, suv dan  supercar. Kedepan, setidaknya akan ada tiga model baru dipasarkan setiap tahun. 

GAC Aion juga merupakan salah satu dari sedikit produsen mobil di dunia yang mengembangkan dan memproduksi teknologi inti baterai, motor listrik dan kontrol listrik secara mandiri. 

Pabrik baterai dan penggerak listrik telah dioperasikan untuk menciptakan rantai industri yang mandiri dan terkendali, agar mewujudkan efisiensi produksi yang lebih tinggi, kualitas produk lebih baik dan meningkatkan perekonomian. 

Dengan demikian, kendaraan listrik GAC Aion menghadirkan pengalaman mobilitas energi baru yang berkualitas tinggi dan dapat mendorong pengembangan industri kendaraan energi  baru di Indonesia. Selamat datang GAC! (Joule)