Selama Libur Natal 483 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini

  • Oleh : ADV

Minggu, 27/Des/2020 13:44 WIB


SoundandMachine.com (Cikampek) - PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol mencatat, sebanyak 483.072 kendaraan meninggalkan Jakarta sejak H-2 pada 23 Desember 2020 sampai dengan Hari H perayaan Natal pada 25 Desember 2020.  

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga mengatakan, volume lalu lintas (lalin) pada H-2 Natal yang meninggalkan Jakarta ini, naik 17,4% jika dibandingkan kondisi normal. 

Baca Juga:
Asyik Nih! Rest Area Tol Trans Jawa Bakal Punya Fasilitas Menginap

"Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari beberapa Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa arah Barat, GT Ciawi arah Selatan, serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah Timur," jelas Dwimawan. 

Adapun lalin yang meninggalkan Jakarta dari arah timur, melalui GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa, serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Baca Juga:
Lebih Dari 2,5 Juta Kendaraan Meninggalkan Jabotabek Selama Liburan Nataru

"Di GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 146.823 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 51,6% dari lalin normal. Sedangkan GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 97.356 kendaraan meninggalkan Jakarta, turun 2,5% dari lalin normal," ucap Dwimawan.

Baca Juga:
Dukung Program Kendaraan Listrik, Jasa Marga Akan Tambah SPKLU di Rest Area

Arus kendaraan tinggalkan Jabodetabek alami peningkatan

Bila ditotal, kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 244.179 kendaraan. Angka ini naik cukup signifikan sebesar 24,1% dari lalin kondisi normal di masa pandemi.

Sementara dari arah barat, Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang adalah sebesar 140.471 kendaraan, naik 0,1% dari lalin normal.

Sedangkan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi adalah sebanyak 98.423 kendaraan, naik sebesar 32% dari lalin normal.

Diprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan kumulatif dari Gerbang Tol Utama yang akan kembali menuju Jakarta pada Hari Minggu, 27 Desember 2020 mencapai 178.887 kendaraan, atau meningkat 13,82% dari lalin normal. 

Dwimawan menambahkan, pihaknya juga memprediksi mayoritas sebanyak 57.404 kendaraan akan melintasi gerbang tol Cikampek Utama arah Jakarta, meningkat 35% dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi waktu perjalanan. Hindari kembali ke Jakarta pada waktu puncak 27 Desember 2020 demi perjalanan yang lebih nyaman," pungkasnya. (EPS)