Trending di Media Sosial, Ini Sosok Toyota Sprinter Carib yang Langka di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 17/Feb/2021 18:05 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 16 Februari 2021 – Toyota Sprinter Carib bisa dibilang mobil yang relatif kurang familiar dibanding Sprinter Trueno GT-Apex karena pengaruh anime Initial D misalnya, atau bahkan Sprinter Cielo dimana mobil tersebut masuk dalam lini APM sebagai Corolla Liftback.

 

Baca Juga:
Jadi Referensi Upgrade Daihatsu Rocky, Subaru Tampilkan Rex Modifikasi di Tokyo Auto Salon 2023

Namun siapa sangka, station wagon langka tersebut trending di media sosial semenjak adanya video YouTube, postingan Instagram, atau bahkan artikel website dari media otomotif ternama di Indonesia.

 

Baca Juga:
Melalui Peluncuran All-New Kijang Innova Zenix, Toyota Hadirkan Bodykit Modellista Pertama di Indonesia

 

Baca Juga:
Weds Kranze Vierharm Hadirkan Banyak Model Palang 5 Dalam Satu Pelek

Sprinter Carib tersebut antara lain milik Willy Keraf, Public Relations PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang sekarang masih berdinas di Jepang. Ketertarikan Willy terhadap Sprinter Carib tak lain karena koleksi mobil Sprinter seri AE9x.

 

“Gue punya cita-cita untuk kumpulin semua AE9x. All Sprinter.” buka Willy kepada SoundandMachine.com melalui direct message (15/2/2021).

 

Willy membeli mobil tersebut di tangan kolektor dari Bandung, Jawa Barat, pada Agustus 2020 dengan surat-surat sesuai mobilnya. Setidaknya, menurut Willy berdasarkan diskusi dengan jurnalis otomotif Aldi “Didot”, Sprinter Carib tersebut hanya ada dua atau tiga unit di Indonesia.

 

“Cuma history-nya seperti apa masuknya nih barang ke Indo masih gue cari tau.” jelas Willy.

 

Menariknya, Willy membeli mobil tersebut tidak melihat langsung, tetapi melalui video yang dikirim di pagi hari. Setelah itu siangnya transaksi, malam mulai pengiriman melalui towing, dan tengah malam sudah tiba di garasi rumahnya.

 

 

Ketika kami temukan mobil tersebut di Ranch Market Pondok Indah dalam meet-up komunitas Rally Look Indonesia, eksterior masih relatif orisinal termasuk warnanya, namun pelek aftermarket Tom’s Vesta dan stiker bodi sudah mulai berumur.

 

 

 

Interior mendekati orisinal karena di center console masih belum rapi semenjak pemilik sebelumnya yang tidak diketahui dari tangan berapa, memasang audio namun tidak ada bracket-nya head unit terpasang mengambang.

 

Selain itu, kabel-kabel audio belum dirapihkan dan sok gas pintu bagasi memakai parts yang bukan peruntukkannya karena sebetulnya untuk SUV, sehingga terasa kaget ketika dibuka dan berat ketika ditutup.

 

 

Jeroan juga relatif masih orisinal, termasuk mesin 4A-FHE yang mirip mesin Corolla Twincam keluaran APM namun sudah injeksi.

 

 

 

Sistem 4WD masih berfungsi, namun height control untuk mengatur ketinggian suspensi sedang non-aktif karena sokbrekernya sudah memakai bawaan Corolla Twincam.

 

“Sistem sama reservoir minyaknya masih ada, belum dicabut.” jelas Didot, pemegang Sprinter Carib milik Willy kepada SoundandMachine di Ranch Market Pondok Indah (14/2/2021).

 

Sprinter Carib merupakan crossover dari keluarga Toyota Sprinter yang memiliki konsep station wagon dengan kemampuan melewati beragam medan dari rumah roda, ground clearance, dan penggerak 4WD.

 

(Joule)