Baru Dua, Ini Pilihan Parts Eksterior Aftermarket dari Jepang untuk Honda CR-V Facelift

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 19/Feb/2021 20:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 18 Februari 2021 – Sebelum dirilis di Indonesia, parts eksterior aftermarket untuk Honda CR-V facelift sudah tersedia semenjak di Jepang sudah lebih dulu facelift.

 

Baca Juga:
Tuner Spesialis Honda, Mugen Bikin HR-V Generasi Baru Lebih Agresif

Dari sejak perilisannya yaitu 18 Juni 2020, sampai sekarang setidaknya baru dua perusahaan aftermarket Jepang yang membuat body kit untuk CR-V minor change yaitu Honda Access dan Mugen.

 

Baca Juga:
Sudah Masuk Indonesia, Ini Dia Referensi Modifikasi Eksterior Honda HR-V Generasi Baru

Sedikit informasi, Honda Access merupakan divisi aksesori untuk pasar Jepang yang berarti in-house, sedangkan Mugen adalah tuner spesialis. Meski didirikan oleh Hirotoshi Honda, anak sekaligus pemegang saham terbesar, tidak berarti Honda memiliki keterikatan modal dengan Mugen.

 

Baca Juga:
Goda Penyuka Modifikasi, Honda Hadirkan Aksesori Modulo untuk Civic hatchback Terbaru

 

(sumber: Honda Access)

Honda Access menawarkan paket body kit yang sekilas terlihat add-on tetapi sebetulnya harus mencopot bumper bawaan. Itu berarti tidak perlu membeli bumper versi pasar Jepang (JDM) yang notabene berbeda dengan keluaran APM untuk sesama minor change apabila ingin memasangnya.

 

Selain body kit, untuk parts eksterior Honda juga menyediakan foot step yang tidak bisa dipasang dengan body kit, front fender garnish, door mirror garnish, tailgate garnish, tailgate spoiler, door handle protector cover, door visor, rear bumper protector, exhaust finisher, dan mudguard.

 

Honda Access juga menyediakan dua pilihan pelek MG-027 19 inci × 7,5 J dan MS-039 18 inci x 7,5 J dengan PCD 5/114,3.

 

 

(sumber: Mugen)

Sementara Mugen, menawarkan paket body kit yang desainnya lebih “ramai” dibanding buatan Honda Access.

 

Berbeda dengan Honda Access, body kit Mugen bertipe add-on yang berarti setidaknya harus memasang bumper depan-belakang CR-V JDM terlebih dahulu, dan pemasangannya harus mengebor, kecuali side skirt.

 

Untuk gril tidak perlu ganti dengan CR-V JDM semenjak bentuknya sama namun warnanya berbeda, dan pemasangannya harus mengebor gril bawaan.

 

Selain body kit, untuk parts eksterior Mugen juga menyediakan roof spoiler yang lebih kalem dibanding Honda Access, ventilated visor, sport exhaust system, dan pelek Mugen MDR 19 inci x 7,5 J dengan inset 43.

 

(Joule)