Masih Musim Hujan, Yamaha Berikan Tips Menghindari Potensi Bahaya Saat Berkendara

  • Oleh : ADV

Senin, 22/Feb/2021 15:25 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan (RideApart) Ilustrasi berkendara saat hujan (RideApart)

SoundandMachine.com - Beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, masih mengalami musim hujan hingga awal tahun 2021 ini. Keadaan tersebut, mengharuskan pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. 

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi, Yamaha Riding Academy (YRA) menyuguhkan sejumlah tips bermanfaat yang dapat diterapkan oleh pengguna sepeda motor.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha Corporation, Mitsubishi Motors Benamkan Sistem Audio Premium di SUV XForce

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," tutur Antonius.

Ia menambahkan, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan. Berikut beberapa tips berkendara saat hujan untuk menghindari bahaya tersebut :    

Baca Juga:
Sudah Bisa Pre-Order, Mitsubishi XFC Concept Versi Produksi Akan Meluncur di GIIAS 2023

1. Jaga Jarak Aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi / daya cengkram pada roda motor berkurang.

Baca Juga:
GIIAS 2022: Ferrox Luncurkan Filter Udara Berkualitas untuk Suzuki Baleno dan Yamaha Fazzio

Berkendara saat hujan harus lebih berhati-hati

2. Selalu Waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

3. Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Gunakan Safety Gear yang Tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)

"Lebih aman gunakan jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), lalu helm dengan visor bening, gunakan sepatu anti air / karet, dan gunakan sarung tangan," jelas Antonius.

5. Terjaga Motornya, Aman Orangnya

Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima. Karena, salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Paling utama, pengendara wajib memeriksa kondisi rem agar selalu pakem.

Lalu periksa kondisi kembangan ban (tapak) dan tekanan angin ban yang sesuai dengan standar spek. "Electrical / lampu pastikan berfungsi baik. Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical," pungkas Antonius. (EPS)