Jangan Salah, Begini Postur Berkendara yang Nyaman Buat Ngegas Skutik Besar

  • Oleh : ADV

Selasa, 16/Mar/2021 12:21 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi sebagian orang, berkelana menggunakan sepeda motor jenis skuter matik (Skutik) berukuran besar, memang sangat menyenangkan. Namun, agar berkendara tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat.

Menurut Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM (Astra Honda Motor), postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Posisi kaki berbeda

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

"Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat," kata Johanes.

Lebih lanjut ia mengatakan, kenyamanan berkendara yang menyenangkan akan semakin maksimal jika didukung oleh kendaraan yang tepat. Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan :

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

1. Ride on Position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher. 

Ride on position

"Pada beberapa skuter seperti Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan, memberikan handling yang nyaman dan maksimal," tutur Johanes.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul, dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, apalagi ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

2. Leasure Position

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh. 

Leasure Position

Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position. "Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman, berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan," pungkas Lucky. (EPS)