Unik! Toyota Land Cruiser Ini Dirancang Khusus untuk Transportasi Vaksin Covid-19

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 01/Apr/2021 12:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation, turut andil dalam rangka mempercepat program vaksinasi global. Salah satunya, dilakukan dengan membuat kendaraan khusus transportasi vaksin pertama di dunia, yang memenuhi persyaratan Performance, Quality, and Safety (PQS) dari World Health Organization (WHO).

Baca Juga:
Konsep Elektrifikasi Toyota di Japan Mobility Show 2023 Disiapkan Jadi Solusi Mobilitas Masa Depan

 

Baca Juga:
Toyota Gandeng Idemitsu Buat Baterai Teknologi Baru Untuk Mobil Listrik Produksi Massal

 

(foto: Toyota)

Baca Juga:
Toyota Crown Sport Resmi Dipasarkan, Kini Berwujud Crossover Sporti dan Mesin Hybrid

Kendaraan tersebut, dibangun dengan mengambil basis Toyota Land Cruiser 78, yang dimodifikasi khusus dengan menambah pendingin CF850 dari B Medical System dengan kapasitas 396 liter dan 400 paket vaksin.

Canggihnya, pendingin tersebut memakai baterai independent yang bisa dioperasikan selama 16 jam tanpa suplai daya serta bisa diisi sambil berkendara dan daya eksternal ketika mobil tersebut parkir.

Seperti yang diketahui, WHO memberlakukan standar PQS untuk perangkat medis yang akan dipakai aktifitas terkait Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Lembaga Swadaya Masyarakat, dan organisasi amal.

Dengan standar tersebut, akan lebih mudah bagi negara berkembang yang tidak memiliki sistem kualifikasi sendiri sehingga diharapkan dapat menggunakan vaksin secara efektif.

Toyota Motor Corporation, Toyota Tsusho, dan B Medical Corporation, berjuang bersama mendapat PQS untuk kendaraan dengan pendingin sehingga akan berkontribusi pada keamanan negara.

Karena itu, kendaraan berpendingin untuk vaksin ini sekarang dapat digunakan di bawah kerangka kerja internasional COVAX, yang berupaya mendistribusikan vaksin untuk COVID-19 secara adil ke negara-negara berkembang,.

(Joule)