Meski Tampangnya Makin Kalem, Honda Jazz Baru Tetap Aktif Balapan

  • Oleh : Julfikri

Senin, 19/Apr/2021 17:34 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Meski Honda Fit atau di Indonesia bernama Honda Jazz, keluaran terbaru sudah tidak memiliki karakter sporti pada tampilan eksterior, seperti pendahulunya alias lebih kalem, bukan berarti hatchback tersebut berhenti ikut balap.

Baca Juga:
Sempat Stop Dijual, Honda Fit RS Resmi Kembali Hadir di Jepang. Begini Detailnya

(foto: Honda)

Pasalnya, Jazz tetap aktif balap dan menariknya yang dikerahkan adalah versi hybrid-nya atau e:HEV. Itupun dilakukan oleh manufakturnya langsung dan salah satu teknisinya juga berpartisipasi untuk high voltage unit di mobil balap Formula 1.

Baca Juga:
Setelah Sempat Menghilang, Varian RS di Honda Fit Versi Facelift Segera Hadir di Jepang

Ajang balap yang diikutinya adalah Joy Taikyu, fun endurance selama dua jam di Twin Ring Motegi, Jepang dengan modifikasi sangat terbatas.

Selain bodykit Mugen, kaki-kaki, dan perangkat safety, sistem e:HEV-nya Jazz juga turut dimodifikasi. Seperti tombol ECON yang dasarnya untuk meningkatkan efisiensi BBM, diganti menjadi battery assist untuk menyalurkan baterai ke motor listriknya agar meningkatkan kemampuan berakselerasi.

Baca Juga:
Terakhir Pakai Jazz Tek-tek, Fitra Eri dan Ridwan Hanif Sabet Podium di Final ISSOM 2021

(foto: Honda)

Sistem hybrid e:HEV dengan dua motor listrik sangat berperan meningkatkan efisiensi BBM. Seperti yang diketahui, efisiensi BBM sangat diperlukan dalam ajang balap endurance karena pengaruhnya adalah durasi waktu di pit stop.

Alhasil, strategi tanpa mengisi BBM dari start sampai finish dapat berjalan dengan baik sehingga mampu meningkatkan posisi dari ke-25 menjadi ke-11.

(foto: Honda)

Itu berarti Honda Jazz boleh saja hybrid ditambah eksterior yang tidak lagi sporti, tetapi bukan menjadi halangan untuk berpartisipasi di ajang motorsport.

Selain itu, partisipasi Jazz dalam ajang balap tersebut juga menunjukkan bahwa e:HEV bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga memiliki potensi di motorsport dari aspek kemampuan efisiensi BBM.

 

(Joule)