Tips Aman Berkendara Sepeda Motor untuk Para Hijabers

  • Oleh : ADV

Kamis, 29/Apr/2021 18:31 WIB


SoundandMachine.com (Palembang) - Tak hanya dilakukan oleh kaum pria, berkendara dengan sepeda motor kini juga banyak dilakukan oleh kaum perempuan untuk menunjang aktivitas mobilisasi dan gaya hidupnya. 

Namun, untuk dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, para perempuan yang khususnya menggunakan hijab, perlu memperhatikan beberapa faktor sejak sebelum mulai berkendara. 

Baca Juga:
Gandeng Yamaha Corporation, Mitsubishi Motors Benamkan Sistem Audio Premium di SUV XForce

Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi PT Thamrin Brothers Main Dealer Yamaha di Sumatera Selatan mengatakan, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan. "Kami mengingatkan buat para hijabers yang berkendara sepeda motor agar menerapkan beberapa hal terkait safety riding," tuturnya.

Baca Juga:
Sudah Bisa Pre-Order, Mitsubishi XFC Concept Versi Produksi Akan Meluncur di GIIAS 2023

Gunakan helm dengan ukurang yang tepat

Bagi hijabers, disarankan memakai hijab yang polos dan tidak menghalangi helm. Misalnya karena penggunaan manik-manik, atau bros yang berada di bagian atas kepala.

Baca Juga:
GIIAS 2022: Ferrox Luncurkan Filter Udara Berkualitas untuk Suzuki Baleno dan Yamaha Fazzio

Kemudian, pilih hijab berbahan yang sejuk dan dapat menyerap keringat, seperti dari bahan katun. "Jika menggunakan hijab yang panjang, bisa ditutupi dengan menggunakan jaket untuk menghindari bahaya saat riding misalnya terhempas angin," papar Wiranata.

Selanjutnya, hindari memakai rok yang terlalu besar. Lalu pilih lah ukuran helm lebih besar dari ukuran kepala, untuk menghindari pusing akibat ukuran helm yang  kesempitan.

"Tak kalah penting, gunakan perlengkapan safety riding gear dan terapkan safety riding saat di jalanan," pungkas Wiranata. (EPS)