Ini Dia Pendahulu Daihatsu Rocky Versi Jepang dan Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 29/Apr/2021 18:36 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Kehadiran Daihatsu Rocky di Indonesia terkesan “reborn”, karena PT. Astra Daihatsu Motor selaku APM pernah merilis SUV tersebut untuk pasar Indonesia, meskipun dari segi konsep produk sudah jauh berbeda.

Tahukan kawan SoundandMachine bahwa Rocky punya pendahulu yang berbeda semenjak dipasarkan di Jepang dan Indonesia?

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

(sumber: autoc-one)

Dimulai dari untuk pasar Jepang, Rocky dulunya adalah SUV ladder-frame short wheelbase tiga pintu kompak.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

SUV tersebut lebih kecil dari Daihatsu Taft atau Rocky yang beredar di Indonesia, dan saingannya pada waktu itu adalah Suzuki Escudo karena sama-sama tiga pintu.

Berbeda dengan Rugger, Rocky hanya tersedia mesin bensin saja yaitu 1.600 cc HD-E yang mirip Daihatsu Feroza keluaran APM namun sudah Electronic Fuel Injection. Namun baik Rocky maupun Rugger sama-sama hanya tersedia 4WD.

(sumber: oocities.org)

Sementara untuk pasar Indonesia, Rocky dulunya adalah SUV ladder-frame short wheelbase tiga pintu dengan ukuran sedang dan di Jepang beredar dengan nama Daihatsu Rugger.

(sumber: Daihatsu)

Baik Rugger maupun Rocky untuk pasar Indonesia, keduanya hanya tersedia mesin Diesel, 4WD, dan transmisi manual, namun Rugger sudah memakai turbo.

(foto: Daihatsu)

Sekarang, baik pasar Jepang maupun Indonesia, Rocky menjadi SUV kompak lima pintu dengan sasis Daihatsu New Global Architecture serta mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. Untuk pasar Jepang hanya tersedia mesin 1.000 cc turbo, sementara pasar Indonesia tersedia juga mesin 1.200 cc.

(Joule)