Toyota Jepang Tawarkan Beragam Referensi Modifikasi Eksterior Toyota Raize

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 08/Mei/2021 12:55 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Ketika SUV kompak Toyota Raize diluncurkan di Jepang pada tahun 2019, Toyota Jepang sudah menyodorkan sejumlah opsi dress-up eksterior.

Tak tanggung-tanggung, Toyota menyediakan enam pilihan modifikasi eksterior dengan gaya berbeda dari masing-masing opsi. Jumlah pilihan itu tergolong banyak untuk ukuran manufaktur. Berikut pilihannya:

Baca Juga:
Jadi Referensi Upgrade Daihatsu Rocky, Subaru Tampilkan Rex Modifikasi di Tokyo Auto Salon 2023

Powerful Style

Baca Juga:
Melalui Peluncuran All-New Kijang Innova Zenix, Toyota Hadirkan Bodykit Modellista Pertama di Indonesia

(foto: Toyota)

Bagi pemilik Raize yang lebih menonjolkan sisi petualang, Toyota menyediakan paket modifikasi powerful style.

Baca Juga:
Weds Kranze Vierharm Hadirkan Banyak Model Palang 5 Dalam Satu Pelek

Komponennya terdiri dari skid plate untuk depan-samping-belakang, hood garnish, side garnish untuk bumper depan-belakang, LED foglights, dan body side moulding.

Untuk bagian atapnya ada base rack agar roof rack atau roof box opsional Toyota salah satunya bisa terpasang.

Sporty Style

(foto: Toyota)

Raize bisa lebih menonjolkan sisi sporti, dengan memilih paket modifikasi sporty style langsung dari Toyota.

Komponennya terdiri dari spoiler depan, side mudguard, rear bumper spoiler, louvre garnish untuk bumper depan-belakang, LED untuk louvre garnish bumper depan, fog lamp untuk garnish bumper belakang, rear spoiler, fender garnish dan muffler cutter.

Toyota juga menyediakan stiker stripe untuk dipasang di kap mesin dan pintu belakang, fuel lid, serta aksen merah pada louvre garnish, pelek bawaan, dan garnish di sekitaran logo Toyota untuk mempertegas kesan sportinya.  

Premium Style

(foto: Toyota)

Gaya elegan juga masuk dalam referensi dengan paket modifikasi premium style, dengan chrome plating yang ada di front spoiler, side mudgruard, rear bumper spoiler, kaca samping, spion, dan garnish pada bumper, gril, pintu belakang, serta fender.

Untuk komponen tanpa chrome plating ada large rear spoiler, LED beam, dan pelek Balminum T10 17 inci.

Modellista Advance Blast Style

(foto: Toyota)

Bagi yang ingin tampil eksentrik, Toyota juga menyediakan paketnya melalui in-house tuner-nya Modellista yaitu Modellista Advance Blast Style.

Lekukan trapezoidal menjadi ciri khas paket modifikasi ini yang terlihat dari front spoiler, side skir, rear skirt, dan rear spoiler. Muffler cutter dan pelek Modellista X-Claw II berukuran 18 inci x 7,5 J turut membuat Raize menjadi lebih agresif.

Modellista Elegant Ice Style

(foto: Toyota)

Modellista juga menyediakan paket modifikasi eksterior bagi yang menyukai gaya elegan namun lebih bermain di bentuk ketimbang aksen.

Meski lebih kalem, garis trapezoidalnya tetap ada pada front spoiler, side skirt, rear spats, dan backdoor aero plate. Pelek Kyoho Fortible BM III 16 inci x 6 J inset 40 juga tersedia namun lebih pas untuk tipe yang pelek bawaannya 16 inci.

TRD Aggressive Style

(foto: Toyota)

Selain Modellista, paket modifikasi eksterior dari Toyota Racing Development (TRD) yang juga in-house tuner Toyota juga tersedia.

Paket modifikasi ini menyediakan sejumlah komponen dress-up eksterior yang membuat penampilan Raize menjadi agresif, seperti front spoiler, side skirt, rear bumper spoiler, front bumper garnish, dan decal untuk pintu samping dan belakang.

Jangan lupa, dimensinya sedikit berbeda karena Raize pasar Jepang (JDM) panjang x lebar x tinggi sebesar 3.995 x 1.695 x 1.620 mm, sedangkan pasar Indonesia 4.030 x 1.710 x 1.635 mm. Bisa jadi karena ada perbedaan di antara bumper, batok spion, dan over fender karena ban 205 yang dipakai untuk pasar Indonesia.

Sementara body kit yang ditawarkan dalam paket modifikasi eksterior merupakan add-on dan tentunya untuk Raize pasar Jepang. Artinya, bukan hal yang tidak mungkin akan membutuhkan penyesuaian, salah satunya dengan memakai bumper serta over fender Raize versi pasar Jepang supaya pemasangan body kit add-on-nya bisa lebih presisi.

(Joule)