Insirasi dari Ferrari 250 GT, RML Rilis Supercar Modern Berdesain Klasik

  • Oleh : ADV

Selasa, 18/Mei/2021 15:12 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - RML Group, sebuah perusahaan teknik yang berbasis di Inggris, dikabarkan telah merilis mobil jalan raya GT baru yang modelnya terinspirasi oleh Ferrari 250 GT SWB tahun 1959.

Diberi nama RML Short Wheelbase, mobil ini menjanjikan kenyamanan dan kemudahan abad ke-21 dengan kemurnian berkendara supercar dari masa lalu. Dalam hal gaya eksterior, model RML terlihat sangat mirip dengan Ferrari asli, tetapi dimodernisasi di beberapa bagian.

Baca Juga:
Red Bull Steal F1 GP Monaco Series From Ferrari, Thanks To Lecrec`s Chaotic Pit Strategy Incident

Hal itu terlihat pada bagian gagang pintu yang rata, lampu depan proyektor LED yang ditempatkan di dalam penutup bundar model lama, indikator lampu sein tersembunyi dengan intake udara kecil di bawahnya. Lalu, terdapat lampu kabut berbentuk bulat di tepi bawah gril.

Baca Juga:
Manfaatkan Snapdragon, Ferrari Bakal Pasang Teknologi Canggih di Mobil Produksi dan F1

Ada juga kap mesin berventilasi, knalpot yang terintegrasi secara mulus ke bumper belakang bawah, serta ventilasi di belakang setiap spatbor roda dan lampu belakang LED. 

"Pada dasarnya, ini hampir merupakan salinan asli dari aslinya (Ferrari 250 GT), tetapi sedikit dimodernisasi," kata Michael Mallock, CEO RML Group. Lebih lanjut ia mengatakan, RML biasanya ditugaskan untuk mengerjakan proyek desain, pembangunan dan pengembangan untuk aplikasi motorsport dan mobil jalan raya.

Baca Juga:
Ferrari Daytona SP3, Dinobatkan Sebagai Supercar Paling cantik di Dunia

Berbekal pengalaman di bidang motorsport, RML lantas memberikan dapur pacu berperforma tinggi untuk Short Wheelbase. Sebagai tenaga penggerak, RML mempercayakan mesin V12 5,5 liter yang dipasang di depan (secara longitudinal) dari Ferrari.

Mesin tersebut disetel secara khusus untuk dapat menghasilkan tenaga sebesar 485 HP dan torsi 568 Nm. Semua tenaga itu disalurkan secara eksklusif ke roda belakang, melalui girboks manual enam percepatan tipe open gate yang juga bersumber dari Ferrari. 

Di atas kertas, RML mengklaim bahwa mobil dua pintu bergaya klasik modern itu mampu berlari dari posisi diam hingga 0-100 km/jam hanya dilakukan dalam 4,1 detik, dengan kecepatan tertinggi melebihi 300 km/jam.

Menariknya, beragam fitur canggih era modern dapat ditemukan di kabin. Hal ini datang dalam bentuk navigasi GPS, AC, cubby hole, dan fungsi pasangan ponsel cerdas, yang semuanya telah terintegrasi apik. 

Urusan kenyamanan, RML mengatakan mobil itu bahkan dapat menampung penumpang hingga setinggi 200 cm, dan mereka akan duduk di kursi power adjustable yang didesain khusus.

"Mobil ini tidak pernah dirancang untuk bersaing dengan akselerasi atau kecepatan tertinggi dari sebuah supercar. Penekanan kami selalu pada menangkap pengalaman berkendara yang lebih organik, dengan sedikit intervensi performa, sambil tetap membuatnya nyaman untuk dinikmati di jalan," jelas Mallock.

Kabarnya, RML Short Wheelbase mendekati akhir fase pengembangannya, dan dijadwalkan mulai dijual pada kuartal keempat tahun ini. Hanya 30 unit yang akan dibuat, sayangnya, belum ada harga yang diumumkan. (EPS)