Simak Nih! Referensi Modifikasi Eksterior Toyota Raize

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Mei/2021 17:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – SUV kompak Toyota Raize merupakan salah satu mobil terlaris di Jepang. Maka tidak heran jika memancing para pelaku industri aftermarket dari luar referensi pabrikan untuk membuat parts modifikasinya, termasuk untuk eksterior yang tidak hanya bodykit tetapi juga komponen lain.

Setidaknya sudah ada tiga produsen yang sudah membuat parts modifikasi eksterior sehingga kuantitas referensinya sudah cukup banyak.

Baca Juga:
Weds Kranze Vierharm Hadirkan Banyak Model Palang 5 Dalam Satu Pelek

M’z Speed

Baca Juga:
Toyota Voxy Anyar Lebih Elegan dan Agresif Berkat Sentuhan Rumah Modifikasi Modellista

(sumber: M'z Speed)

Baca Juga:
GR Parts Toyota Voxy Generasi Baru, Modifikasi Untuk Tampil Sporti

Pertama dari M’z Speed yang front half spoilernya terlihat simpel dengan mengikuti bentuk bumper bawaan Raize, begitu juga pada side step dan rear half spoiler-nya. Rear tail gate spoiler membuat Raize jadi terlihat lebih berisi dan door mirror cover menimbulkan kesan eksentrik.

(sumber: M'z Speed)

Selain body kit, M’z Speed juga menyediakan detail eksterior seperti front grill garnish dan front bumper garnish dengan dua pilihan corak, yaitu polos untuk penampilan elegan dan dewasa, serta karbon yang terlihat sporti namun tetap berkelas.

Material parts eksterior kebanyakan menggunakan plastik ABS, namun untuk garnish-nya ada pilihan dengan material plastik AES.

KUHL Racing

(sumber: KUHL Racing)

Sesuai namanya, KUHL Racing merilis parts eksterior yang bernuansa racing dan desain seperti ini biasa ada di lip mobil balap. Menariknya, untuk bumper depan dan side step, KUHL Racing sampai menamakan diffuser, dan untuk bumper belakang saja dengan nama rear half spoiler.

Rear half spoiler-nya sendiri juga dibuat seperti diffuser mobil balap agar nuansa racing-nya lebih kental.

Supaya lebih afdol tampilan racing-nya, Kuhl Racing juga menyediakan muffler cutter empat lubang mengikuti desain rear half spoiler-nya.

Dengan pemasangan parts eksterior, pengurangan ground clearance-nya hanya 15 mm dan material FRP black gel yang dipakai pada diffuser dan rear half spoiler 1,5 kali lebih kuat dan tebal dibanding FRP konvensional, sehingga lebih ramah ketika melewati tanjakan atau turunan.

Noblesse

(sumber: Noblesse)

Bodykit Noblesse untuk Raize memiliki desain yang bukan hanya sporti tetapi juga menipu mata, karena kalau dilihat sekilas terlihat seperti full bumper.

Padahal Noblesse hanya bermain desain bodykit yang bersifat add-on dan garnish untuk menghilangkan logo Toyota sehingga membuat penampilannya jauh berbeda.

Terutama di bagian depan, front lip spoiler Noblesse berdesain gondrong dan berlekuk-lekuk yang membuatnya terlihat full bumper namun pemasangan tetap add-on. Desain gondrong tersebut juga ada pada side step dan rear under spoiler, namun kesan full bumper lebih terlihat jelas di bagian depannya.

Ditambah lagi desain garnish yang bukan hanya menghilangkan logo tetapi juga bagaimana supaya terlihat menyatu dengan bumper-nya sehingga menambah rasa full-bumper.

(sumber: Noblesse)

Uniknya, Noblesse memiliki dua pilihan garnish untuk front grill yaitu single-tone dan two-tone yang keduanya cukup sakti membuatnya terlihat seperti memakai body kit full bumper.

Jangan lupa, dimensinya sedikit berbeda karena Raize pasar Jepang (JDM) panjang x lebar x tinggi sebesar 3.995 x 1.695 x 1.620 mm, sedangkan pasar Indonesia 4.030 x 1.710 x 1.635 mm. Bisa jadi perbedaannya ada di bumper serta over fender karena ban 205 yang dipakai untuk pasar Indonesia.

Sementara body kit yang ditawarkan dalam paket modifikasi eksterior merupakan add-on dan tentunya untuk Raize pasar Jepang.

Artinya, bukan hal yang tidak mungkin akan membutuhkan penyesuaian, salah satunya dengan memakai bumper serta over fender Raize versi pasar Jepang supaya pemasangan body kit add-on-nya bisa lebih presisi.

(Joule)