Lebih Efisien, New Mazda2 Dibekali Mesin Bensin dengan Sistem Pembakaran Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 30/Jun/2021 12:26 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Rupanya Mazda masih belum menyerah untuk berinovasi dengan mesin pembakaran dalam. Pasalnya, untuk pasar Jepang Mazda2 sudah memakai sistem pembakaran baru dari mesin bensin SKYACTIV-G 1.5 yang mengarah pada aspek ekologis, yaitu Diagonal Vortex Combustion.

Baca Juga:
Mazda Power Drive 2023 Ajak Masyarakat Test Drive Lini Terbarunya, Termasuk Sportscar

(sumber: Mazda)

Diagonal Vortex Combusion merupakan pembakaran yang dilakukan dengan membentuk pusaran diagonal. Dengan pembakaran seperti ini, membuat rasio kompresi ditingkatkan dari 12 menjadi 14 sehingga sistem pembakarannya bisa lebih baik hingga membuat bahan bakar lebih efisien sebesar 6,8%.

Baca Juga:
Pembaruan Mazda2 Tawarkan Varian GT, Tampil Lebih Sporti dan Tambah Fitur Safety

Untuk program kontrol pembakaran mesin bensin dengan kompresi tinggi mengacu pada pengembangan yang sama dalam mekanisme pembakarannya dengan mesin Skyactiv-X, yaitu meningkatkan kemampuan mengontrol dan responsifitas kendaraan dari akselerator.

Baca Juga:
Desain Lebih Klimis dan Tambah Stylish, Mazda2 Hatchback Facelift Dirilis untuk Pasar Jepang

(sumber: Mazda)

Dengan meningkatkan kemampuan mengontrol akselerator membuat start dari kondisi berhenti seperti lampu merah misalnya, bisa lebih halus. Kemudian ketika bergerak ditengah kepadatan lalu-lintas, setelan injakan gasnya juga membantu mengurangi lelah ketika harus menjaga kecepatan.

Ketika membutuhkan responsivitas seperti kendaraan di depan bergerak lebih cepat atau masuk ke jalan tol juga tidak begitu membutuhkan injakan gas lebih dalam dan juga tidak begitu membutuhkan downshift untuk torsi ekstra.

Pengemudi juga bisa menjaga kecepatan dengan halus, bahkan dalam kondisi tanjakan panjang sehingga bukan hanya lebih menekan stress saat berkendara, tetapi juga efisiensi kerja mesin yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

(sumber: Mazda)

SKYACTIV-G dengan kompresi tinggi juga berefek pada perubahan torsi, yaitu dari 141 Nm/4.000 rpm menjadi 142 Nm/3.500 rpm. Hanya saja di Jepang, Mazda2 dengan mesin bensin kompresi tinggi seperti ini hanya ada di tipe tertingginya, yaitu 15S Proactive, 15S Proactive S Package, 15S L Package, serta edisi spesialnya, yaitu 15S Sunlit Citrus.

(Joule)