Biar Gak Bingung, Ini Perbedaan Subwoofer Aktif dan Pasif

  • Oleh : ADV

Sabtu, 10/Jul/2021 10:27 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi para penggemar modifikasi audio mobil, nama subwoofer mungkin sudah tak asing lagi. Perangkat audio tambahan yang ukurannya lebih besar dari speaker itu, berfungsi untuk pengeras suara berfrekuensi rendah (bass). 

Banyak orang menggunakan subwoofer ini agar suasana audio di mobilnya menjadi lebih hidup, lebih terdengar jelas oleh telinga penumpangnya. Bahkan beberapa orang rela mengeluarkan uang jutaan untuk mendapatkan subwoofer yang bagus untuk mobilnya.

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Umumnya, subwoofer mobil ditaruh di bagasi. Namun, ada beberapa kasus subwoofer mobil diletakkan di kolong tempat duduk mobil. Nah, tahu kah kawan SoundandMachine, bahwa ternyata subwoofer itu ada dua jenis, yakni aktif dan pasif.

Baca Juga:
Konsisten Hadirkan Inovasi Baru Audio Mobil, Begini Kiprah Focal Indonesia Selama Tahun 2023

Contoh subwoofer aktif

Lalu, apa perbedaannya? "Kalau aktif artinya sudah ada amplfier yang menyatu di dalamnya," kata Susanto Chong, Installer Best Buddy Shop Sunter. Sementara subwoofer aktif, belum dilengkapi dengan amplifier.

Baca Juga:
Spek Kompetisi untuk Daily, Niki Motor Upgrade Audio Ford Fiesta Andalkan Seri Tertinggi Hertz

Selain itu, subwoofer aktif adalah subwoofer yang tidak perlu lagi tambahan box dan power amplifier tambahan. Jadi, kawan SoundandMachine tinggal pakai saja.

Biasanya, bentuk subwoofer aktif ini sudah bundle dan tinggal diletakkan di tempat yang disuka, lalu disambungkan dengan sumber listrik mobil serta head unit. 

Subwoofer pasif

Sedangkan subwoofer pasif adalah subwoofer yang masih membutuhkan tambahan box dan power amplifier sebelum bisa digunakan. Pengunaan subwoofer pasif ini dinilai lebih ribet dari subwoofer aktif karena harus membeli box dan power amplifier. 

"Amplifiernya digunakan sebagai penguat 'tenaga' agar suara bass yang keluar menjadi lebih optimal," papar Afung. Subwoofer pasif ini biasanya dipasang di bagasi mobil. (EPS)