Cara Mudah Merawat Mobil di Rumah, Selama PPKM Ala Mercedes-Benz

  • Oleh : ADV

Jum'at, 23/Jul/2021 17:33 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Dalam situasi pandemi seperti saat ini, mobil menjadi sarana yang sangat krusial apabila dibutuhkan, meski kegiatan masyarakat saat ini sangat dibatasi dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Para ahli mengatakan, bahwa dengan membiarkan mobil Anda terlalu lama, berpotensi menyebabkan masalah yang timbul pada kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kondisi dan kebersihan mobil baik eksterior maupun interior agar tetap prima walau tidak digunakan.

Baca Juga:
Penyekatan PPKM Dihentikan, Mulai Hari Ini Sistem Ganjil Genap Berlaku

Produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, memberikan tips cara mudah merawat dan menjaga kondisi mobil yang bisa dilakukan di rumah. Untuk menjaga kebersihan interior, perhatikan beberapa area di dalam kendaraan yang sering tersentuh baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Baca Juga:
Mobil Jarang Dipakai, Perlu Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mogok

Sebab, area tersebut sangat rentan terkena bakteri maupun virus. Area yang dimaksud, seperti konsol tengah dan layar media, gagang pintu eksterior, gagang pintu interior, semua tempat duduk termasuk sabuk pengaman dan sandaran kepala, roda kemudi beserta tombol-tombolnya. Rutinlah membersihkan area-area tersebut.

Lalu, untuk menjaga mobil tetap prima meski jarang digunakan, pertama bisa menyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengisi ulang baterai.

Baca Juga:
PPKM Diperpanjang, Ini Cara Mudah Merawat Kendaraan Ala Daihatsu

Kedua, cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihannya. Selanjutnya, pindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya seminggu sekali untuk mencegah terjadinya flat spot pada ban.

Terakhir, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela serta bersihkan interior mobil, dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalamnya secara berkala.

Selain itu, cucilah kendaraan ketika dalam keadaan badan mobil sudah sejuk dan berada di tempat teduh, juga hindari penggunaan deterjen pencuci piring, yang dapat menyebabkan cat memudar dan teroksidasi. (EPS)