Hanya 220 Unit, Land Rover Hadirkan Kenangan Camel Trophy Melalui Defender Edisi Khusus

  • Oleh : ADV

Senin, 02/Agu/2021 12:47 WIB


SoundandMachine.com (Londong) - Bagi pecinta off-road, rasanya pasti kenal dengan Land Rover Defender. Mobil berkemampuan menembus segala medan yang legendaris tersebut, sejak awal kelahirannya pada awal tahun 90an hingga kini masih memiliki penggemar fanatik.

Apalagi, Land Rover Defender dikenal mampu menaklukkan ajang off-road paling ganas sedunia, yakni Camel Trophy. Gelaran ini pernah menjadi event besar dunia ketika dilangsungkan pada 1980 hingga terakhir 2000.

Baca Juga:
Kembangkan Pasar Mobil Listrik Mewah di 2025, Jadi Komitmen Jaguar Land Rover di Indonesia

Berapa waktu lalu, Land Rover terpaksa harus mengakhiri produksi Defender dengan beberapa alasan, salah satunya adalah terkait dengan regulasi emisi gas buang yang dihasilkan.

Baca Juga:
Jaguar Land Rover Indonesia Resmikan Showroom Pertama dan Terlengkap di Jakarta

Setelah 'kosong' sekitar 3 tahun, pada akhir tahun 2019 Land Rover resmi menghadirkan Defender model terbaru, menggunakan body L663 yang dikembangkan dari konsep Defender DC100.

Hadirnya model baru ini seakan melepas dahaga para pecinta Defender, meski beberapa penggemarnya merasa design Defender terbaru dinilai terlalu modern dan bergeser dari guratan desain yang menjadi ciri khasnya.

Baca Juga:
JLM Auto Indonesia Hadirkan Generasi Baru Range Rover Sport Berteknologi Plug-in Hybrid

Sebagai upaya untuk mengenang kejayaan Land Rover Defender saat mengikuti Camel Trophy, produsen mobil asal Inggris tersebut baru saja menghadirkan Defender Trophy Edition. Kabarnya, mobil ini hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas.

"Jika Anda sudah cukup umur, Anda akan langsung tahu apa yang dimaksud Defender Trophy Edition ini. Camel Trophy tentunya. Berdasarkan Defender 110 P400 X-Dynamic SE 2022, Trophy Edition adalah 220 unit khusus untuk pasar Amerika Serikat," tulis Land Rover dalam keterangan resminya.

Mengikuti model pendahulunya, Defender edisi khusus ini memiliki eksterior yang dibalut dengan warna Eastnor Yellow, dikombinasikan dengan warna hitam. Di bagian pintunya, terdapat logo Land Rover klasik.

Agar berbeda dengan versi standar, Trophy Edition juga mendapatkan beberapa aksesori tambahan. Diantaranya front skid plate, roof rack dengan tangga yang dapat dibongkar pasang, penghalang lumpur, dan kompresor udara terintegrasi.

Sementara di bagian bagasi, pabrikan yang bermarkas di Solihul itu menyediakan alas karet untuk area kargo agar aman dan mudah dibersikan saat menyimpan peralatan berlumpur. Land Rover sebenarnya ikut menyediakan winch, namun sayangnya komponen itu masuk kedalam fitur opsional.

Mengenai harga, Defender Trophy Edition akan mulai dijual di Amerika Serikat bulan depan seharga US$90.000 atau senilai Rp 1.2 miliar. Menariknya, setiap pembeli Defender edisi khusus ini, berhak mengikuti acara Kompetisi off-road satu hari di Biltmore Estate di Asheville, North Carolina. 

Nantinya, pemenang bisa bersaing di final di Eastnor Castle di Inggris tahun depan. Keren ya! (EPS)