Acura NSX GT3 Evo22 Siap Juara Berbekal Sejumlah Upgrade Sistem Mekanikal

  • Oleh : ADV

Minggu, 08/Agu/2021 15:34 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Meski Acura NSX atau yang kita kenal sebagai Honda NSX akan mencapai akhir produksinya pada 2022 mendatang, mobil sport ini tetap akan menjadi pesaing bagi lawannya di lintasan balap. 

Sebab, Honda Performance Development (HPD) baru-baru ini meluncurkan NSX GT3 dengan sejumlah pembaruan, agar tetap kompetitif dalam waktu dekat. Disebut NSX GT3 Evo22, mobil itu dibangun di atas platform, yang memenangkan beberapa balapan dan kejuaraan di IMSA, SRO dan Super GT Jepang. 

Baca Juga:
Silahkan Gigit Jari, Honda Tak Tertarik Pasarkan NSX Type S di Tanah Air

"Peningkatan tersebut bertujuan untuk memberikan kinerja yang lebih konsisten, di berbagai kondisi dan pengemudi," terang Honda dalam keterangan. Pembaruan yang dilakukan, termasuk intercooler yang ditingkatkan untuk mesin V6 twin-turbo 3.500 cc. 

Baca Juga:
Hanya 30 Unit, Begini Sosok Honda NSX Type S Sebagai Salah Satu Mobil Jepang Termahal

Honda masih mempertahankan blok mesin yang sama, kepala silinder, valvetrain, poros engkol, piston dan sistem pelumasan dengan mobil sebelumnya. Bagian yang juga tidak berubah adalah gearbox racing enam percepatan sequential-shift Xtrac, yang mengirimkan tenaga secara eksklusif ke roda belakang.

Selain itu, GT3 Evo22 mendapat revisi tingkat pegas dan penyesuaian geometri suspensi, lampu hujan baru yang dimandatkan FIA di bagian belakang, bersama sistem pendingin udara dan lampu depan baru. 

Baca Juga:
Sportscar Honda NSX Edisi Terakhir Resmi Diungkap. Begini Penampakannya

Untuk balap ketahanan, ada peningkatan ukuran tangki bahan bakar, sementara sistem roda yang direvisi memungkinkan penggantian ban lebih cepat. Menariknya, sasis dan mesin dibuat di Acura’s Performance Manufacturing Centre di Marysville, Ohio, dengan perakitan akhir diselesaikan oleh JAS Motorsport di Milan, Italia. 

NSX GT3 Evo22 sekarang telah tersedia untuk dipesan dan Honda mengatakan itu dihomologasi hingga 2024. Berarti, kita masih bisa melihat sosoknya ikut balapan untuk beberapa saat lagi. 

Sebagai tambahan informasi, versi sebelumnya dari NSX GT3 telah meraih beberapa kesuksesan di trek, dengan 25 kemenangan kelas di IMSA dan SRO sejak diperkenalkan pada tahun 2017, dan merupakan juara bertahan pabrikan. (EPS)