Ini Dia 3 Referensi Modifikasi Untuk Mobil Listrik Nissan Leaf Diluar Referensi Pabrikan

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 22/Agu/2021 19:18 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Nissan Leaf tercatat sebagai salah satu mobil listrik baterai yang dijual di dealer resmi Indonesia dengan referensi modifikasi paling banyak dibanding kompetitor terdekat seperti Hyundai Kona atau Hyundai Ioniq, misalnya.

Masuk akal mengingat Leaf sudah dirilis di negara asalnya yaitu Jepang pada tahun 2017, dan termasuk laris sehingga tidak heran jika cukup banyak pelaku industri aftermarket tertarik memodifikasinya yang notabene diluar referensi manufaktur atau pihak ketiga.

Baca Juga:
Terinspirasi Fast and Furious, Veilside Hadirkan Bodykit untuk Nissan Fairlady Z di Tokyo Auto Salon 2023

Setidaknya ada 3 pelaku industri yang membuat referensi modifikasi untuk mobil listrik baterai berjenis hatchback tersebut.

Blitz

Baca Juga:
Pelek 3-Piece Chevlon Racing S2, Mewah Ala Ferrari Klasik

Baca Juga:
Usung Konsep Berbeda, Ini Dia Tampilan Empat Compact SUV Modifikasi di GIIAS 2021

(sumber: Blitz)

Tuner yang biasa menggarap performa mobil bermesin konvensional ini sudah merambah ke mobil listrik baterai namun baru Leaf. Parts yang disodorkan Blitz antara lain bodykit, throttle control, dan suspensi.

Throttle control-nya memiliki 5 mode yang mampu menekan konsumsi baterai dan 10 mode untuk menikmati torsi maksimum yang dihasilkan dari motor listrik melalui injakan pedal gas.

Damper ZZ-R membuat menikung menjadi lebih stabil berapapun kecepatannya sehingga menambah rasa berkendara sporti, dan itu memiliki 32 setelan suspensi yang bisa diatur berdasarkan kondisi jalan dan jumlah penumpang.

Blitz juga menyediakan modul elektronik controller DSC Plus yang akan memudahkan pengaturan setelan suspensi bahkan bisa sambil berjalan, karena untuk mengaturnya melalui tombol dan saklar putar dan itupun termasuk mode otomatis.

Itu semua dikemas dengan bodykit yang terdiri dari front bumper, side skirt, dan rear diffuser agar tampil agresif dan memiliki cita rasa sport layaknya sebuah sportscar.

Toplite

(sumber: Toplite)

Toplite menawarkan konsep modifikasi Leaf yang mengingatkan era 2000-an karena adanya paduan antara gaya sporti dan elegan seperti tuner Eropa.

Sisi sporti ada di front lip spoiler, rear half spoiler, rear deck spoiler, dan LED accessory light.  Sementara gril garis yang bisa dipasangkan dengan kamera around view monitor dan headlight eye line mengingatkan modifikasi gaya elegan di era 2000-an.

Kuhl Racing

(sumber: Kuhl Racing)

Kuhl Racing membuat Leaf tampil lebih agresif berkat konsep modifikasi bergaya racing dengan front diffuser, side step diffuser, rear bumper, rear half spoiler, rear floating diffuser, dan rear wing yang berdesain seperti mobil balap ajang Super GT atau grand tourer FIA-GT3.

Namun tidak hanya itu saja karena masih ada Blitz ZZ-R Harmonic Drive serta alignment adjustment, Verz Wheels 19 inci dibalut ban Falken Azenis, karpet Kuhl, dan head unit Carrozzeria 7 inci, sebagai bagian dari paket modifikasinya, meskipun fokus utamanya lebih ke parts eksterior.

(Joule)