Cocok Buat Kolektor, Mobil Kecil Ferrari Testa Rossa J akan Diproduksi Secara Terbatas

  • Oleh : ADV

Selasa, 24/Agu/2021 11:13 WIB


SoundandMachine.com (Maranello) - Produsen supercar legendaris asal Italia, Ferrari, baru saja meluncurkan proyek khusus yakni membuat Ferrari Testa Rossa J, yang merupakan replika skala 75% dari mobil Testa Rossa 250 yang terkenal pada era 1950-an. 

Menariknya, mobil kecil ini dibekali oleh mesin listrik, dan akan diproduksi secara terbatas sebanyak 299 unit saja. "Mobil tersebut merupakan reproduksi dari Testa Rossa 250 1957, salah satu mobil paling ikonik dan sukses di Ferrari dan sejarah motorsport," tulis seorang Pejabat Ferrari dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Red Bull Steal F1 GP Monaco Series From Ferrari, Thanks To Lecrec`s Chaotic Pit Strategy Incident

Bekerja sama dengan The Little Car Company, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam produksi mobil kecil, Ferrari mengawasi setiap proses pembuatan mobil tersebut. Bahkan sasis dan komponen lainnya dibuat menggunakan gambar desain asli, yang dipegang oleh departemen Classiche Ferrari.

Baca Juga:
Manfaatkan Snapdragon, Ferrari Bakal Pasang Teknologi Canggih di Mobil Produksi dan F1

Ferrari Testa Rossa J dirancang untuk dikendarai oleh siapa saja yang berusia di atas 14 tahun, namun ia tidak dihomologasikan untuk penggunaan di jalan raya. Meskipun mobil replika, pembuatannya terbilang sangat detail.

Bodinya dibuat dari aluminium yang dibentuk secara manual dengan tangan. Proses ini sama dengan yang digunakan dalam memproduksi Testa Rossa 250 asli. Untuk membuat ulang sasis Testa Rossa 250 secara akurat, gambar kertas asli dari Departemen Ferrari Classiche dipindai dan dibuat ulang secara digital. 

Baca Juga:
Ferrari Daytona SP3, Dinobatkan Sebagai Supercar Paling cantik di Dunia

Menariknya, mobil junior ini tetap mempertahankan kemudi dan geometri suspensi yang sama dengan aslinya, sehingga memberikan handling yang otentik. Tak hanya eksterior, detail pengerjaan yang sama juga ditemukan di interior. 

Ferrari telah merancang kursi tunggal yang dapat mengakomodasi orang dewasa dan remaja, dengan menggabungkan motif pipa asli dan menggunakan pelapis kulit berkualitas tinggi. Sementara bagian roda kemudi, masih dibuat oleh Nardi. 

Sebagai sumber tenaga, Testa Rossa J dibekali tiga baterai yang menggerakkan mesin listrik di bagian depan mobil. Bila terisi penuh, baterai tersebut mampu menyediakan jangkauan sekitar 90 km, tergantung pada gaya mengemudi. 

Canggihnya lagi, Ferrari menyediakan tombol 'Manettino' untuk memberikan pilihan empat mode berkendara. Mulai dari novice, comfort, sport, hingga race. Bila ada kolektir yang berminat, harga yang ditawarkan berada di angka € 93.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. (EPS)