Nissan Membuat Sketsa Sportscar Silvia, Pertanda Reinkarnasi Jadi Kendaraan Elektrifikasi?

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 07/Sep/2021 13:13 WIB


SoundandMachine.com (Inggris) – Studio desain Nissan Design Europe, diminta oleh Nissan untuk mengimajinasikan mobil bersejarah Nissan sebagai mobil elektrifikasi yang akan diinginkan oleh pelanggan untuk beberapa tahun ke depan.

Matthew Weaver, Vice President of Nissan Design Europe, memilih untuk mengimajinasikan sportscar Nissan Silvia generasi pertama keluaran tahun 1964.

Baca Juga:
Jadi Mobil Listrik, Nissan Bakal Bangkitkan Silvia pada 2025 Mendatang

(sumber: Nissan)

Baca Juga:
Biasa Dipakai Drifting, Mengenal Tiga Generasi Terakhir Sportscar Nissan Silvia

"Silvia sudah terdepan di zamannya. Ia telah melampaui usia dengan sangat baik dan masih akan memiliki zamannya. Ini juga merupakan contoh bagus dari apa yang diharapkan dari produk global, yaitu kualitas tinggi dan menarik secara keseluruhan.” buka Matthew dalam keterangannya di laman web europe.nissanstories.com.

Matthew memilih untuk mendesain ulang Silvia karena ingin memberi penghormatan kepada warisan yang diberikan oleh Nissan melalui salah satu produk bersejarahnya.

Selain itu desain Silvia generasi pertama akan menjadi basis yang mendukung sebagai kendaraan listrik untuk ke depannya. Setidaknya karena garis penghubung antara bagian atas dan bawah pada bodi yang terlihat bersih.

Namun karena sportscar tersebut akan digerakkan oleh motor listrik, tentunya akan menjadi tantangan baru dalam mendesainnya.

Oleh karena itu, Matthew dan tim mengambil banyak langkah penting untuk membawa mobil klasik ke era modern dengan sebaik mungkin.

Seperti membuat garis bodinya lebih bersih dan bagian atas lengkungan roda potongannya dibuat lebih tajam.

“Komponen utama kendaraan listrik sangat berbeda dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran internal. Alhasil, Silvia yang kami rancang ulang di sini akan memiliki interior yang lebih besar dibanding eksterior yang disarankan.” jelas Matthew.

Sebelumnya, desainer harus bekerja sama dengan insinyur untuk menemukan cara untuk mengakomodasi mesin pembakaran internal, radiator, dan pipa knalpot.

Sekarang, komponen yang dulunya penting itu telah digantikan oleh baterai, inverter, dan motor kecil, sehingga membuat perubahan besar dalam pekerjaan sehari-hari seorang desainer hingga mempengaruhi karyanya.

"Sebagai kendaraan listrik, kami menambah clean surface di sekitar bagian depan, karena powertrain listrik memiliki persyaratan pendinginan yang jauh lebih rendah, jadi tidak perlu gril tempat radiator yang biasa berada." jelas Matthew.

Sekedar tambahan informasi, Silvia dihentikan produksinya sejak tahun 2002. Dengan adanya sketsa seperti ini akankah Silvia reinkarnasi menjadi mobil elektrifikasi?

Nissan berpikiran apabila melihat lebih jauh ke depan, tidak ada yang tahu bagaimana keinginan pelanggan, kemajuan teknologi, dan regulasi akan memengaruhi desain.

Namun satu hal pasti adalah mobil akan berubah, dan itu terlihat perbedaannya dari waktu ke waktu, seperti apa mobil yang lebih ramah pengguna, hemat energi, dan praktis.

(Joule)