Tesla Model S Plaid Pecahkan Rekor Mobil Listrik Tercepat di Nurburgring

  • Oleh : ADV

Senin, 13/Sep/2021 15:59 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, dikabarkan telah mengklaim rekor putaran kendaraan listrik tercepat, di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman, dengan Model S Plaid.

"Tesla Model S Plaid baru saja menetapkan rekor kecepatan dunia resmi, untuk mobil (listrik) produksi di Nurburgring. Benar-benar tidak dimodifikasi, langsung dari pabrik," tulis CEO Tesla Elon Musk di Twitternya. 

Baca Juga:
PEVS 2023 Jadi Ajang Pamer Teknologi Sekaligus Unjuk Referensi Modifikasi Mobil Listrik

Menariknya, Tesla pun juga telah merilis rekaman mobil tersebut, saat melahap putaran demi putaran saat melakukan pemecahan rekor putarannya dan menayangkannya di Youtube.

Baca Juga:
Ini Dia Sejumlah Pabrikan yang Tampilkan Mobil Listrik Baterai di IIMS Hybrid 2022

Tesla Model S Plaid, mencatat waktu tercepat tujuh menit 30,909 detik. Capaian ini 11 detik lebih cepat dari waktu putaran Porsche Taycan dengan tujuh menit, 42 detik yang diraih pada 2019 lalu.

Seakan kurang puas dengan hasil yang telah dicapai. Elon Musk tupanya telah menyiapkan rencana berikutnya dalam memecahkan rekor tercepat, yakni akan menggunakan Model S Plaid yang telah dimodifikasi.

Baca Juga:
Rudy Salim Luncurkan SUV Listrik Tesla Model Y di Pameran Otomotif IIMS Hybrid 2022

"Mobil berikutnya, akan mendapatkan paket aero tambahan, rem karbon, dan ban yang khusus dibuat untuk penggunaan di trek," kata Elon. Saat ini, Model S varian Plaid, merupakan produk kasta tertinggi di jajaran Model S.

Merebut gelar tercepat dari Porsche Taycan

Sebagai sumber tenaga penggerak, ia dibekali powertrain tri-motor, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 1.020 hp. Sebagai perbandingan, varian teratas Taycan Turbo S menawarkan 761 hp dan torsi 1.050 Nm dari pengaturan dua motor, yang letaknya satu di depan dan satu lagi di belakang.

Adapun rekor mobil tercepat di Nurburgring Nordschleife saat ini, masih dipegang oleh Porsche 919 Hybrid Evo, dengan waktu putaran lima menit 19,6 detik. (EPS)