Cari Info Toyota Tinggal Bicara, Sekarang Chatbot TARRA Bisa Pakai Voice Command

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 17/Sep/2021 17:30 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Pelanggan yang menggunakan Toyota Interactive Virtual Assistant (Tarra) melalui mobile apps mToyota, bisa memanfaatkan fitur terbaru yaitu “voice command” saat mengakses berbagai informasi.

Tarra, yang merupakan chatbot dari Toyota atau Toyota Information Personal assistant, sebelumnya, menggunakan layanan berbasis teks, di mana pengguna harus mengetik/chatting untuk dapat berkomunikasi dengan Tarra atau mendapatkan informasi.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“Ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan. Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan enhancement pada Tarra dengan menambahkan fitur voice command.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor dalam keterangan pers-nya (13/9/2021).

Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan “Hai, Tarra” atau “Halo Tarra” atau “Menu”. Lalu, Tarra akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik.

Tarra akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, maupun menunjukkan tombol lainnya jika ada. Selain itu, Tarra tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada background/noise suara lain, asalkan background/noise tersebut tidak lebih besar dari suara penggunanya.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

Ditambah lagi, Tarra juga tetap bisa mengerti pertanyaan dari user meskipun dengan logat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

“Hal ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga efisiensi waktu bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” jelas Anton.

Fitur voice assistant ini bisa diakses melalui Android dan iOS, dan untuk memanfaatkannya, cukup membuka mobile apps mToyota dan mengklik logo “Tarra” pada landing page halaman utama.

(sumber: Toyota)

Di Tarra, pengguna bisa mendapatkan informasi secara cepat dan interaktif setiap hari dan full selama 24 jam. Informasinya didapatkan secara mudah, efektif, efisien, dan komprehensif tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota.

Termasuk promo dan program terbaru, pembelian mobil, Booking servis, simulasi kredit, informasi dealer terdekat, lokasi bengkel, tips perawatan kendaraan, dan masih banyak informasi menarik lainnya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2019 hingga saat ini, Tarra mendapatkan respon yang baik dari pelanggan, dari total interaksi yang mencapai lebih dari 1,2 juta interaksi.

(Joule)