Pelek SSR GTX 04 Cocok untuk Toyota GR Yaris, Ini Alasannya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 18/Okt/2021 17:13 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Produsen pelek SSR memberi referensi untuk pemilik Toyota GR Yaris yang ingin mengganti peleknya.

Dari sekian pelek yang ada, SSR memilih GTX 04 karena secara keseluruhan mendukung untuk kenyamanan berkendara dan pemakaian serius di sirkuit.

Baca Juga:
Baru Sehari Dirilis, 300 Unit Pelek SSR Formula Mesh 15 Inci yang Diproduksi Kembali Langsung Habis

Pasalnya, GR Yaris memiliki tenaga mesin 272 PS, kaliper rem 4 POT, dan sistem 4WD untuk dinikmati performanya di sirkuit, namun bisa dipakai di jalan raya dan itulah mengapa kenyamanan berkendara juga dipertimbangkan.

Baca Juga:
Permintaan Tinggi, SSR Kembali Rilis Pelek Formula Mesh Ukuran 15 Inci. Terbatas 300 Unit

(sumber: SSR)

Lightweight menjadi pertimbangan utama mengapa GTX 04 menjadi pilihan SSR untuk GR Yaris, dan pelek tersebut palangnya dirancang setipis mungkin agar lebih ringan, namun tetap ada struktur penguatnya.

Baca Juga:
Solusi Tampil Beda, SSR Sediakan Pilihan Warna Candy untuk Peleknya

Tentunya desain GTX 04 sudah dikalkulasikan antara bobot, kekuatan, dan stress analysis ketika mobil dipacu di sirkuit secara agresif.

(sumber: SSR)

Kemudian berhubung rem standar GR Yaris sudah 4 POT, GTX 04 juga dirancang kapabel untuk mobil dengan kaliper rem berukuran besar sehingga bisa dipasang tanpa gangguan sama sekali.

Agar tidak perlu ganti ban, SSR memilih spek 18 inci x 8,5 J dengan inset 44, dan tentunya untuk PCD 5/114,3.

Namun agar tampilannya lebih baik, SSR menyarankan agar memakai suspensi yang membuatnya lebih ceper 35 mm seperti di gambarnya.

Misalnya ingin lebih menikmati performanya di sirkuit, SSR menyarankan agar memakai pelek spek 18 inci x 9,5 J dan pelek tersebut face-nya sudah concave, sementara 8,5 J face-nya semi-concave.

Hanya saja ground clearance dan camber angle-nya harus disetting lagi, dan juga sebaiknya pakai ban yang tread-nya lebih lebar untuk taste sportscar di GR Yaris yang masih ada orientasi compact car-nya.

Dengan pelek seperti ini membuat GR Yaris tidak hanya memiliki performa lebih, tetapi juga memiliki tampilan yang lebih menarik.

Lumayan, jadi ada referensi buat pemesan yang masih menunggu GR Yaris-nya datang.

(Joule)