Di Negara Ini, Suzuki Ertiga Ganti Logo Jadi Toyota Rumion

  • Oleh : ADV

Senin, 18/Okt/2021 19:30 WIB


SoundandMachine.com (Cape Town) - Kerjasama antar pabrikan otomotif dalam membuat produk kembar, sering kali ditemui. Contohnya di Indonesia, kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu banyak menghasilkan produk yang sangat diminati konsumen, seperti Avanza-Xenia dan Sigra-Calya.

Tak hanya dengan Daihatsu, ternyata Toyota juga melakukan kolaborasi bersama Suzuki dalam menghadirkan produk yang mirip. Di Afrika Selatan, ternyata Toyota rutin bekerja sama dengan Suzuki, sehingga tak aneh jika banyak produk Suzuki menggunakan logo Toyota di sana.

Baca Juga:
Tambah Lini Elektrifikasi, Suzuki XL7 Hybrid Hadirkan Teknologi Baru dan Fitur Unggulan

Sebelumnya sudah ada model kembar Suzuki dan Toyota, seperti Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Vitara Brezza, serta Toyota Glanza-Starlet dan Suzuki Baleno. Kali ini, Toyota menghadirkan mobil anyar bernama Rumion.

Baca Juga:
Dapat Banyak Diskon dan DP Rendah, Beli Mobil Baru Suzuki di JAW 2023 Banyak Untungnya

Menariknya, mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini merupakan kembaran dari Suzuki Ertiga. Mengutip dari laman Autoweek, Rumion memang Suzuki Ertiga generasi kedua yang hanya berganti logo menggunakan milik Toyota.

Dari segi eksterior, tak ada perbedaan yang berarti, karena Rumion masih sangat identik dengan Ertiga. Perbedaan tak terlalu signifikan hanya terlihat dari warna pelek dan desain gril.

Baca Juga:
Pikat Kaum Urban, Suzuki Tampilkan All New Grand Vitara dan Beragam Model Baru di Pameran JAW 2023

Interiornya pun sama persis dengan Ertiga, tapi terdapat fitur menarik pada head unit, seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu, Ertiga pada umumnya menggunakan nuansa interior warna beige. Khusus untuk Rumion, bagian bawah kabin dan lingkar kemudinya diberi warna gelap.

Sebagai tenaga penggerak, Rumion tetap menggunakan mesin Ertiga, yakni mesin 1.5 liter K15B naturally-aspirated, yang menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. 

Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan. Rumion memiliki tiga varian, mulai dari S yang merupakan tipe termurah, lalu SX sebagai model menengah, dan TX sebagai varian teratas, dengan harga mulai Rp 233 jutaan hingga Rp 301 jutaan. (EPS)