Dipakai Jokowi di Italia, Varian Tertinggi Alfa Romeo Stelvio Ternyata SUV Tercepat di Dunia

  • Oleh : ADV

Kamis, 04/Nov/2021 12:10 WIB
Foto : istimewa Foto : istimewa

SoundandMachine.com (Roma) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa waktu belakangan ini, sedang melakukan lawatan ke beberapa negara. Salah satunya adalah menghadiri KTT G20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021. 

Selama melakukan kunjungan ke luar negeri, seorang presiden tentunya akan mendapat fasilitas kelas wahid, termasuk mobil yang digunakan. Menariknya, selama menghadiri KTT G20 di Roma, Jokowi menumpangi mobil mewah yang unik. 

Baca Juga:
Jadi Inspirasi Multiguna, Wuling Tampilkan Beragam Special Display Air ev di GIIAS 2023

Umumnya, seorang presiden dilayani dengan menggunakan sebuah sedan, namun di Italia Jokowi menggunakan Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Alfa Romeo. Pemilihan merek Alfa Romeo, kemungkinan karena mobil tersebut merupakan buatan tuan rumah.

Baca Juga:
Disinggahi Presiden Jokowi di IIMS 2023, Mobil Listrik MG4 EV Sudah Dipesan Ratusan Unit

SUV yang digunakan Jokowi adalah Alfa Romeo Stelvio. Mobil tersebut telah dilengkapi dengan bendera Merah Putih di bagian kap mesinnya. Ekterior mobil Stelvio tampak mewah dengan desain gril mengerucut khas Alfa Romeo.

Stelvio adalah mobil SUV kompak mewah lima pintu pertama yang diproduksi dan dipasarkan oleh subdivisi Alfa Romeo dari FCA Group. Nama Stelvio berasal dari Pass Stelvio, lintasan gunung tertinggi di Italia. Alfa Romeo Stelvio memulai debutnya di Los Angeles Auto Show  2016.

Baca Juga:
Resmi Dipakai di KTT G20, Toyota Indonesia Akan Segera Jual Mobil Listrik Baterai bZ4X

Lantas apa saja spesifikasi mobil tersebut? SUV mewah ini memiliki panjang 4.680 mm, tinggi 1.670 mm, dan lebar 2.160 mm. Alfa Romeo Stelvio yang ditumpangi Jokowi selama di Roma ini menggunakan mesin bensin 2.000 cc 4 silinder segaris. 

Tenaga dari mesin itu mencapai 280 HP pada 5.200 rpm dengan torsi 414 Nm pada 2.000 rpm. Selain mesin 2.000 cc Alfa Romeo Stelvio ternyata juga tersedia dalam pilihan mesin diesel 4-silinder 2.200 cc turbo bertenaga 210 dk. 

Tak hanya itu, bagi yang suka ngebut, Alfa Romeo menyediakan Stelvio Quadrifoglio sebagai varian tertinggi. Quadrifoglio menggunakan mesin V6 2.900 cc Twin Turbo bertenaga 510 dk dan torsi 60 Nm. Pilihan mesin tersebut, semuanya dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-speed racikan ZF.

Khusus versi Quadrifoglio, ternyata pada 2017 lalu pernah berhasil mencatatkan rekor fastest lap baru di sirkuit Nurburgring Jerman. Dipakai pembalap Italia, Fabio Francia, Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio berhasil mencatatkan waktu 7 menit 51,7 detik dengan jarak tempuh sepanjang 20,7 km.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa SUV Alfa Romeo ini lebih cepat dari produk SUV lain, yang pernah melakukan hot lap di sirkuit Nurburgring sebelumnya.  Sehingga, menjadikannya sebagai SUV produksi masal terkencang di dunia.

Alfa Romeo Stelvio Quadrifogilo, dapat berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu dalam 3,8 detik. Bila pedal gas terus diinjak, ia dapat menembus kecepata tertinggi hingga 283 km/jam.

Selain mesin yang kencang, Stelvio dibekali beberapa fitur canggih, seperti Forward Collision Warning with Full Stop, Blind Spot Assist, Intelligent Speed Control hingga driver attention alert. Di Italia, Alfa Romeo Stelvio dijual dengan harga mulai 40.592 euro atau setara dengan Rp 666,9 juta. (EPS)