Mantap! Piaggio Mulai Pembangunan Pabrik Vespa di Cikarang

  • Oleh : ADV

Rabu, 10/Nov/2021 14:41 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Para pecinta produk Piaggio, terutama Vespa di seluruh Indonesia, pasti gembira dengan kabar dari PT Piaggio Indonesia. Sebab, pemegang merek Vespa, Moto Guzzi, Piaggio, dan Aprilia ini resmi mengumumkan tahap awal pembangunan pabrik pertamanya di Indonesia. 

Pabrik itu rencananya akan bediri di lahan seluas 55.000 meter persegi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Hadirnya pabrik baru ini, menjadikan Indonesia sebagai negara keempat, setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. 

Baca Juga:
Bawa Semangat Balap MotoGP, Skuter Sporty Aprilia SR-GT 200 Mulai Dipasarkan di Indonesia

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia mengatakan, bahwa pada tahap awal proyek ini Piaggio Indonesia akan fokus pada pengembangan merek Vespa di pabrik baru ini.

"Saya percaya proyek industrial ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif, serta membawa pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi," kata Marco, dalam acara Ground Breaking, Selasa, 9 November 2021.

Baca Juga:
Tingkatkan Keterampilan, Piaggio Indonesia Gelar Kompetisi Teknisi Bengkel Resmi

Lebih lanjut ia menyebut, Indonesia merupakan basis penggemar Vespa kedua di dunia, setelah Italia. Sejarah Vespa di Indonesia pun terbilang panjang, bahkan sejak tahun 1950-an. 

Baca Juga:
Intip Kemewahan Vespa 946 Christian Dior yang Diproduksi Secara Terbatas

"Saya percaya Indonesia memiliki jumlah penggemar Vespa terbesar kedua setelah Italia. Ini menegaskan bahwa Italia dan Indonesia punya passion yang sama. Saya menemukan kecintaan yang besar di indonesia terhadap Vespa sama seperti di Italia," kata Marco dalam keterangan resminya. 

Targetnya, pabrik Piaggio akan mulai berproduksi pada kuartal keempat tahun 2022 dengan kapasitas 10.000 unit per tahun untuk melayani pasar domestik. Produksi pertamanya akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022. 

Sementara Agus Gumiwang, selaku Menteri Perindustrian mengaku optimistis terhadap pengembangan bisnis yang dijalankan PT. Piaggio Indonesia. Sebab, melalui perakitan Vespa “Made in Indonesia”, bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia. 

"Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional," tegasnya. Sebagai tambahanan informasi, pabrik perakitan Vespa pernah berdiri di Pulo Gadung, Jakarta pada 1970-an yang menandai kejayaan Vespa di Indonesia. 

Namun pabrik itu ditutup pada 1998 karena krisis moneter. Kembali dibangunnya pabrik perakitan Vespa pada era modern di Indonesia, tentunya akan menjadi tonggak kemajuan merek skuter legendaris itu, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional.

"Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami," pungkas Marco. Welcome home Vespa! (EPS)