Berubah Total, Akhirnya Toyota Resmi Luncurkan Avanza dan Veloz Generasi Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 10/Nov/2021 16:31 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi meluncurkan 2 Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) terbarunya yaitu Toyota Avanza dan Veloz.

Baik Avanza maupun Veloz keduanya mengalami revolusi total mulai dari platform hingga eksterior dan interior.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“All-New Avanza dan Veloz dirancang untuk merepresentasikan era baru mobilitas yang tidak hanya menyediakan kenyamanan tetapi juga memberikan rasa menyenangkan saat berkendara.” buka Susumu Matsuda, Regional Operating Officer Asia Region Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya (10/11/2021).

Avanza dan Veloz generasi terbaru untuk pertama kalinya menggunakan platform baru dengan penggerak depan, setelah 18 tahun sebelumnya berpenggerak belakang.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

Meski berpenggerak depan, DNA utama untuk masing-masing mobil tersebut tetap dipertahankan, yakni LMPV yang bisa diajak ke beragam kondisi jalan dengan penumpang dalam jumlah banyak.

Itulah mengapa Avanza dan Veloz tetap memiliki ground clearance yang tinggi, namun dengan platform baru membuatnya lebih stabil.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

“Ketika Anda berada di belakang kemudi model terbaru ini, bahkan pada jalanan yang sulit, atau ketika Anda membawa banyak penumpang, Anda akan merasakan kestabilan yang kuat dari kendaraan ini.” jelas Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Toyota Avanza dan Veloz.

Selain itu, baik Avanza maupun Veloz, keduanya mengalami improvisasi yang tetap mengarah pada konsep awal ketika dilahirkan.

(sumber: Toyota)

Avanza lebih difokuskan untuk kebutuhan mobilitas masyarakat yang lebih mendasar, dan itulah mengapa penampilannya relatif sederhana tetapi berkarakter elegan.

(sumber: Toyota)

Sementara Veloz, tidak sekedar memenuhi kebutuhan mobilitas, tetapi juga ingin tampil lebih gaya dengan styling yang lebih mencolok.

Untuk Veloz generasi terbaru ini mengusung konsep “Premium Cross” atau pendekatan konsep SUV pada styling-nya.

Baik Avanza maupun Veloz keduanya memakai mesin yang sama yaitu 2NR-FE dan tersedia transmisi CVT, dan masing-masing tipe tertingginya dilengkapi Toyota Safety Sense.

(Joule)