Tim Toyota Gazoo Racing Siap Berlaga di WRC 2022 dengan GR Yaris Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 09/Des/2021 13:58 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Untuk musim World Rally Championship (WRC) tahun 2022, Toyota Gazoo Racing telah mengkonfirmasi akan memakai GR Yaris.

Penggantian Yaris lama ke GR Yaris seiring dengan regulasi baru kategori tertinggi WRC yaitu Rally 1 Class, yang berorientasi pada lingkungan hidup.

Baca Juga:
Bikin Pereli Tetap Aman Saat Kecelakaan, Ternyata Begini Sistem Keselamatan Mobil WRC 2022

Itu berarti GR Yaris akan memakai spesifikasi yang bukan hanya kencang, tetapi juga lebih ramah lingkungan, karena harus memakai sistem hybrid.

Sekedar tambahan informasi, sistem hybrid di ajang motorsport sudah sangat teruji di ajang World Endurance Championship, dilihat dari Toyota Gazoo Racing memperoleh juara dunia selama 4 kali berturut-turut.

Baca Juga:
Pakai Mesin Hybrid, Toyota GR Yaris Siap Tempur di Ajang WRC 2022

Mesin yang akan digunakan berkode GI4B dengan sistem hybrid, berbeda dengan mesin versi produksinya yaitu G16E-GTS, namun belum diketahui untuk informasi lebih detailnya.

Baca Juga:
Turun di Ajang WEC dan WRC 2022, Begini Kiprah Toyota Balapan Pakai Mesin Hybrid

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Dengan perangkat aerodinamika, GR Yaris WRC 2022 memiliki dimensi panjang 4.207 mm dan lebar 1.875 mm, sementara untuk tinggi belum diketahui ketika akan dipakai menghadapi medan aspal ataupun non-aspal.

Sementara untuk ban masih memakai buatan Pirelli seperti musim sebelumnya.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Semua persiapan GR Yaris untuk turun di ajang WRC 2022, mulai dari pengembangan mobil hingga pelatihan pembalap, dilakukan di Finlandia.

Begitu juga pemimpin timnya yang orang Finlandia, yaitu Jari-Matti Latvala, pereli Toyota Gazoo Racing tahun 2017-2019.

(Joule)