Pakai Mesin Hybrid, Toyota GR Yaris Siap Tempur di Ajang WRC 2022

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Janu/2022 16:15 WIB
Dengan GR Yaris bermesin hybrid, Toyota Gazoo Racing siap tempur di ajang World Rally Championship 2022 (sumber: Toyota Gazoo Racing) Dengan GR Yaris bermesin hybrid, Toyota Gazoo Racing siap tempur di ajang World Rally Championship 2022 (sumber: Toyota Gazoo Racing)

SoundandMachine.com (Monako) – Toyota Gazoo Racing menyatakan siap tempur untuk ajang World Rally Championship (WRC) 2022 di kelas tertinggi Rally 1 dengan mobil terbarunya yaitu GR Yaris.

GR Yaris tersebut bermesin hybrid, karena mengikuti regulasi Rally 1 dimana para pesertanya harus memakai mesin hybrid.

Baca Juga:
Sebagai Bentuk Apresiasi, Toyota Gazoo Racing Akan Rilis GR Yaris Edisi Peraih Juara Dunia WRC

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Baca Juga:
Skala Event Lebih Kecil, Toyota Tetap Tampil All-Out di Osaka Auto Messe 2022

Meski Toyota Gazoo Racing memiliki pengalaman berpartisipasi di ajang motorsport dengan mesin hybrid, sebut saja pengalaman juara dunia di World Endurance Championship, pihaknya mengaku bahwa WRC 2022 adalah tantangan baru.

“Sebagai tim, kita harus bekerja sangat keras untuk siap, tetapi tidak ada yang bisa tahu perbedaan antar mobil peserta satu sama lain, sampai ikut reli pertama. Ada banyak perubahan bagi mereka untuk beradaptasi dengan mobilnya.” buka Jari-Matti Latvala, Team Principal Toyota Gazoo Racing dalam keterangan resminya (17/1/2022).

Baca Juga:
Bikin Pereli Tetap Aman Saat Kecelakaan, Ternyata Begini Sistem Keselamatan Mobil WRC 2022

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

GR Yaris dibangun di dedicated spaceframe chassis yang meningkatkan perlindungan untuk pereli dan navigator, dengan aerodinammik dibuat lebih sederhana, mengikuti regulasi.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

GR Yaris WRC 2022 memakai mesin pembakaran dalam yang sama seperti musim sebelumnya, yaitu 1.600 cc 4-silinder turbo bertenaga lebih dari 500 PS. Akan tetapi mesin tersebut sepenuhnya memakai bahan bakar alternatif.

Kemudian untuk motor listrik hybrid-nya memiliki tenaga sebesar 134 PS dengan kapasitas baterai sebesar 3,9 kWh. Untuk pengisian baterai, selain melalui charging station di service area, juga pada saat mobil melakukan pengereman regeneratif.

Mesin tersebut disalurkan oleh transmisi dengan perpindahan gigi mekanikal, dan active center differential ditiadakan.

Perubahan ini akan menuntut pereli untuk memiliki keterampilan lebih dalam mengontrol kendaraannya, dan juga beradaptasi kapan harus mengeluarkan dan mengisi energi dari sistem hybrid-nya selama lomba berlangsung.

GR Yaris dan para rivalnya (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Menggunakan mesin hybrid, GR Yaris akan memulai debutnya di WRC pada tanggal 20-23 Januari 2022 mendatang di Monte Carlo, Monako.

“Bagi pereli, Monte Carlo akan menjadi reli yang paling sulit di kejuaraan. Banyak hal bergantung pada kondisi, kita punya banyak power, tetapi gimana menggunakannya di kondisi jalanan es dan bersalju? Ada banyak yang tidak diketahui, dan itu membuatnya lebih mengagumkan.” pungkas Latvala.

(Joule)