Bikin Pereli Tetap Aman Saat Kecelakaan, Ternyata Begini Sistem Keselamatan Mobil WRC 2022

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 28/Janu/2022 16:53 WIB
Pereli Adrien Formaux mengalami kecelakaan hebat di seri pertama World Rally Championship 2022 (sumber: WRC) Pereli Adrien Formaux mengalami kecelakaan hebat di seri pertama World Rally Championship 2022 (sumber: WRC)

SoundandMachine.com (Monako) – Pereli Ford Puma Rally 1 Adrien Formaux bersama navigator Alex Coria, mengalami kecelakaan hebat ketika bertarung di seri pertama World Rally Championship (WRC) yang diadakan pada tanggal 20-23 Januari 2022 di Monte Carlo, Monako.

Pasalnya, ketika dipacu mobil Formaux menyenggol tebing, kemudian terguling-guling hingga jatuh ke jurang. Insiden tersebut membuat sebagian besar bodinya hancur, akan tetapi baik Formaux maupun Coria selamat dan tidak terluka sedikitpun.

Baca Juga:
Sebagai Bentuk Apresiasi, Toyota Gazoo Racing Akan Rilis GR Yaris Edisi Peraih Juara Dunia WRC

Berkaca dari insiden tersebut, menunjukkan betapa pentingnya sistem keselamatan mobil untuk keselamatan pengemudi dan navigator, selain untuk keselamatan dasar seperti pakaian dan jok.

Baca Juga:
Skala Event Lebih Kecil, Toyota Tetap Tampil All-Out di Osaka Auto Messe 2022

Sistem keselamatan mobil WRC 2022 (sumber: FIA)

Untuk regulasi musim 2022, selain memakai safety cell, mobil peserta Rally 1 wajib dilengkapi double hoop, agar mengurangi dampak serius apabila pereli dan navigator mengalami kecelakaan hebat, seperti terguling hingga terjatuh ke jurang.

Baca Juga:
Pakai Mesin Hybrid, Toyota GR Yaris Siap Tempur di Ajang WRC 2022

Selain double hoop, door bar juga harus diperkuat agar lebih melindungi pereli dan penumpang apabila mengalami benturan dari samping. Dengan sistem keselamatan seperti ini membuatnya lebih aman untuk pereli memacu kendaraannya secepat mungkin selama perlombaan berlangsung.

 

(Joule)