Didukung APM Mazda, CX-5IC Jadi Komunitas yang Solid dan Tetap Eksis

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 14/Des/2021 13:40 WIB
Komunitas Mazda CX-5 CX-5IC dalam acara kopdar akhir tahun. Komunitas Mazda CX-5 CX-5IC dalam acara kopdar akhir tahun.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Solidaritas adalah modal paling utama dalam membangun sebuah komunitas, tak terkecuali komunitas otomotif.

Baca Juga:
Mazda Indonesia Siapkan Dua Warna Premium Terbaru di Varian Edisi Terbatas Produksi Tahun 2023

Salah satu contohnya komunitas Mazda CX-5 yaitu CX-5 Indonesian Community (CX-5IC), terus menjaga solidaritasnya, meskipun mungkin mobilnya tidak sepopuler kompetitornya.

Berkat solidaritas, CX-5IC bisa menjadi satu-satunya komunitas yang didukung oleh agen pemegang merk (APM) Mazda, dan telah terjalin sekitar 6-7 tahun.

Baca Juga:
Dihargai Rp 338,8 Juta Dengan Tampilan Mewah, Mazda2 Kembali Bertarung di Segmen Compact Sedan

“Dari zaman masih dipegang Jepang (PT. Mazda Motors Indonesia), belakangan ini sekitar 3-4 tahun handover ke Eurokars, itu juga kita ada kerjasama dengan Eurokars juga,” buka Dimas Suryoko, Anggota CX-5IC kepada SoundandMachine.com di Mazda Puri, Jakarta (12/12/2021).

Baca Juga:
Handling Lebih Baik Tanpa Penambahan Bobot, Mazda Rilis Roadster 990S Edisi Spesial

CX-5IC berdiri sejak 12 Mei 2013, dan terus menjalin kerjasama dengan APM siapapun pemegangnya. Dari bekerjasama dengan APM, anggota CX-5IC akan mendapat sejumlah benefit berupa diskon parts, akan tetapi untuk jasa tergantung dealer.

“Join di CX-5IC, dengan biaya yang ditangguhkan di awal, dapat starter kit berupa kemeja, kartu anggota, stiker, sama benefit lain. Jadi selama acara untuk member free.” tambah pria yang menjabat sebagai seksi acara tersebut.

Aktifitas CX-5IC, sebelum pandemi biasanya sebulan sekali rutin kopi darat (kopdar) dan morning run, serta touring minimal 4 kali dalam setahun.

Untuk touring, 3 diantaranya masih di pulau Jawa seperti ke Semarang, Jogjakarta, dan Surabaya, dan 1 di luar pulau Jawa seperti ke Bali.

“Kalau memang touring-nya ada kerjasama dan kita ngelewatin dealer, pasti kita mampir. Paling kelihatan pas ke Semarang, mampir ke Mazda Semarang ada coaching clinic, QnA dengan kepala mekanik, pasti kita support kok kalo dari komunitas.” jelas Dimas.

Namun ketika pandemi atau new normal, kopdarnya digabung dengan morning run, dan touring setidaknya untuk tahun 2021 hanya sekali dan jarak dekat, untuk membatasi interaksi.

“Sebagai bentuk kerjasama dengan APM, setiap ada non-member bertanya di akun Instagram untuk bengkel alternatif atau apalah, kita selalu mengarahkan ke bengkel resmi, sebagai apresiasi kita ke APM. Apapun masalahnya.” tegas Dimas.

Meski demikian, CX-5IC tetap mendukung aktifitas modifikasi, dan itu terlihat dari adanya anggota dengan CX-5 modifikasi.

Salah satunya CX-5 merah full-modifikasi dengan parts Mazda original accessories, pelek Rays TE37, dan sejumlah parts modifkasi lainnya.

Selain itu, CX-5IC juga sudah memiliki referensi modifikasi, salah satunya akun Instagram cx5modifikasi yang notabene salah satu anggota.

“Beberapa member kami ada yang fokus ikut kontes, kebetulan ada member kita jadi juara satu untuk audio.” Ujar Dimas.

Saat ini, CX-5IC sudah memiliki 408 anggota yang sudah tersebar di beberapa wilayah pulau Jawa dan luar pulau Jawa, dengan pusat di Jakarta.

Bagi yang tertarik untuk bergabung, silahkan hubungi 081385270680 atau 08119891427.

(Joule)