Handling Lebih Baik Tanpa Penambahan Bobot, Mazda Rilis Roadster 990S Edisi Spesial

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 23/Des/2021 14:06 WIB
Mazda Roadster 990S, dengan improvisasi handling tanpa menambah bobot kendaraan (sumber Mazda). Mazda Roadster 990S, dengan improvisasi handling tanpa menambah bobot kendaraan (sumber Mazda).

SoundandMachine.com (Jepang) – Mazda merilis sportscar edisi spesial dengan sejumlah penambahan fitur, namun bobotnya tetap di bawah 1 ton, yaitu Mazda Roadster 990S.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

(sumber: Mazda)

Roadster 990S berbasis tipe paling rendah, yaitu tipe S yang memiliki bobot 990 kg. Akan tetapi, dengan bobot yang sama dibanding tipe S, 990S memiliki sejumlah fitur untuk handling lebih baik.

Baca Juga:
Mazda Indonesia Siapkan Dua Warna Premium Terbaru di Varian Edisi Terbatas Produksi Tahun 2023

Pertama dari pelek Rays ZE40 RS 16 inci, dengan ukuran yang sama dengan standarnya, tetapi 800 gram lebih ringan, sehingga mengurangi bobot unsprung weight atau bobot komponen penopang suspensi.

Baca Juga:
Dihargai Rp 338,8 Juta Dengan Tampilan Mewah, Mazda2 Kembali Bertarung di Segmen Compact Sedan

(sumber: Mazda)

Di balik pelek tersebut ada large diameter ventilated disc brake 4-piston Brembo untuk bagian depan, dan large diameter rotor and caliper untuk bagian belakangnya.

Selain struktur suspensi Kinematic Posture Control, Roadster 990S memiliki damper, coil spring, electric power steering, dan engine control unit yang disetting khusus.

Dengan setting-an seperti ini, membuat Roadster 990S memiliki rasa yang lebih ringan saat melaju, dan lebih stabil saat menikung.

(sumber: Mazda)

Sebagai pembeda, selain pelek Rays ZE40 RS, atap kanvas, tulisan Brembo, dan aksen panel AC Roadster 990S berwarna biru.

Mazda juga menyediakan opsi airbag samping agar lebih melindungi kepala dan bahu ketika terjadi benturan.

Berhubung basisnya tipe S, 990 S hanya tersedia transmisi manual 6-percepatan saja.

(Joule)