Lebih Impresif, Toyota Luncurkan GR Yaris GRMN di Toyota Auto Salon 2022

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 15/Janu/2022 12:20 WIB
Toyota meluncurkan versi modifikasi dari GR Yaris yaitu GRMN Yaris di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Toyota) Toyota meluncurkan versi modifikasi dari GR Yaris yaitu GRMN Yaris di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota GR Yaris sebetulnya sudah memiliki performa yang sangat tinggi. Namun Toyota Gazoo Racing merilis versi modifikasi dari hatchback performa tinggi Toyota GR Yaris, yaitu GRMN Yaris di perhelatan Tokyo Auto Salon 2022.

Sekedar informasi, GRMN merupakan lini GR yang mendapat modifikasi lebih ekstensif, dan untuk basis GR Yaris ini mengarah ke 2 orientasi motorsport, yaitu sirkuit dan reli.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Namun sebelum mengarah ke 2 orientasi motorsport, secara umum GRMN Yaris memiliki tampilan eksterior dan interior yang berbeda dibanding GR Yaris.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

(sumber: Toyota)

GRMN Yaris memiliki eksterior yang berbeda dibanding GR Yaris, yaitu kap mesin, rear spoiler dan atap bermaterial Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP).

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior, GRMN Yaris memakai bucket seat buatan Recaro dengan side airbag, desain panel instrumen yang berbeda dengan GR Yaris, dan minus jok belakang untuk mengurangi bobot, dan digantikan oleh body reinforcement brace agar lebih kaku.

Material CFRP di atap, rear spoiler, dan kap mesin, serta mencabut jok belakangnya untuk body reinforcement brace, membuatnya 20 kg lebih ringan dari GR Yaris.

Agar membuatnya lebih kaku, selain body reinforcement brace, dibalik bodinya memiliki penambahan 545 jumlah titik pengelasan, dan perekat struktur bodi 12 m lebih panjang, sehingga meningkatkan respon dari pengemudi ketika bermanuver.

(sumber: Toyota)

Mesin tetap sama, yaitu 1.600 cc 3-silinder turbo bertenaga 272 PS dan torsi 390 Nm, akan tetapi transmisinya sudah close ratio-nya di gigi 1 hingga 4 agar power band-nya lebih efisien, dan low final gear untuk tenaga penggerak yang dioptimalkan telah digabungkan.

Jadi rasio gigi GRMN Yaris adalah gigi 1 3.214, gigi 2 2.238, gigi 3, 1.592 gigi 4 1.162, gigi 5 1.081, gigi 6 0.902, mundur 3.557, dan final gear ratio. 4.250.

Sementara GR Yaris, gigi 1 3.538, gigi 2 2.238, gigi 3 1.535, gigi 4 1.162, gigi 5 1.081, gigi 6 0.902, mundur 3.831, dan final gear ratio 3.941.

Agar lebih tahan untuk pemakaian endurance dan situasi lainnya, bahan SNCM dipakaikan di gigi 1, 3, 4, 5, dan final, untuk meningkatkan torsi kejut dan fatigue strength secara signifikan.

(sumber: Toyota)

Transmisi tersebut disalurkan dengan kopling 9.5-inch dual-mass flywheel reinforced metal clutch dan LSD mekanikal, berbeda dengan GR Yaris yang tanpa reinforced metal clutch dan LSD-nya Torsen.

Toyota Gazoo Racing juga menawarkan software update dan layanan personalisasi, agar lebih adaptif terhadap karakteristik berkendara konsumen.

Untuk orientasi motorsport, Toyota Gazoo Racing menawarkan 2 pilihan opsi, yaitu circuit package untuk balapan di sirkuit berdasarkan feedback ajang balap endurance Super Taikyu, dan rally package dari pengalaman ajang balap All-Japan Rally.

(sumber: Toyota)

Circuit package terdiri dari BBS GRMN dedicated 18-inch wheels, 18-inch brakes, Bilstein® shock absorber with adjustable damping force, Carbon (twill weave CFRP) Rear spoiler, Side skirt, dan Lip spoiler.

(sumber: Toyota)

Sementara untuk rally package, terdiri dari GR shock absorber & short stabilizer link set, GR under guard set, dan GR roll bar (with side bar).

GRMN Yaris hanya tersedia 500 unit, dengan sistem undian untuk menentukan pelanggan.

(Joule)