Tampil Bernuansa Klasik, Nissan Rilis Sportscar Fairlady Z Proto Spec di Tokyo Auto Salon 2022

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 15/Janu/2022 16:40 WIB
Nissan merilis sportscar Fairlady Z untuk pasar Jepang di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Nissan) Nissan merilis sportscar Fairlady Z untuk pasar Jepang di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Nissan)

SoundandMachine.com (Jepang) – Nissan telah resmi meluncurkan sportscarnya di perhelatan Tokyo Auto Salon 2022, yaitu Fairlady Z yang tampil bernuansa seperti generasi pertamanya pada tahun 1969.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

(sumber: Nissan)

Fairlady Z, yang di Amerika Serikat bernama Nissan Z, mempertahankan image klasik dan itu bukan hanya dari model eksterior dan interior, tetapi juga namanya. Sejak generasi pertama, Nissan mempertahankan nama Fairlady Z untuk pasar Jepang, dan menariknya untuk model terbarunya sampai ke logo tulisan.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Toyota GR Yaris Dapat Improvisasi, Ada Peningkatan di Dua Aspek

Eksterior sama seperti pasar luar Jepangnya, yang mengusung tema Fairlady Z generasi pertama, namun anehnya dudukan plat nomor berada di tengah gril.

Baca Juga:
Sebagai Bentuk Apresiasi, Toyota Gazoo Racing Akan Rilis GR Yaris Edisi Peraih Juara Dunia WRC

(sumber: Nissan)

Interior juga seperti pasar luar Jepang-nya, yang mengusung tema klasik seperti Fairlady Z generasi pertama, dengan sejumlah sentuhan teknologi terkini, seperti panel instrumen full digital dan tuas transmisi otomatis.

Untuk sektor dapur pacu juga sama seperti pasar luar Jepang, yaitu VR30DDTT dengan tenaga 405 PS dan torsi 475 Nm yang disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 9-percepatan.

Mesin twin-turbo V6 tersebut memang modern, tetapi memiliki image klasik, karena bukan hanya seperti pendahulunya, yaitu 300ZX yang juga bermesin twin-turbo V6, tetapi juga serupa dengan Nissan Skyline.

Nissan Fairlady Z generasi pertama tipe Z432 (sumber; Nissan)

Sekedar informasi, Fairlady Z memakai mesin yang sama seperti Skyline sejak generasi pertama. Lebih tepatnya Fairlady Z Z432 dengan mesin yang sama seperti Skyline GT-R pada waktu itu, yaitu S20 type-4 DOHC Engine.

Hampir setiap generasi Fairlady Z memakai mesin yang sama seperti Skyline, termasuk generasi sebelumnya dengan mesin VQ37VHR.

Fairlady Z akan hadir dengan 3 varian untuk pasar Jepang, yaitu reguler, Version S, dan Version ST. Akan tetapi Nissan baru mengungkap edisi terbatasnya saja, yaitu Proto Spec, dengan warna kuning seperti model pre-production-nya pada tahun 2020 silam.

(sumber: Nissan)

Warna kuning tersebut selain di bodi, juga ada di beberapa sektor, yaitu pelek 19 inci buatan Rays, kaliper rem, dan jahitan di atas material soft touch serta aksen jok.

(Joule)