Toyota Fortuner Produksi Kawarang, Bakal Diekspor ke Australia

  • Oleh : ADV

Rabu, 16/Feb/2022 12:09 WIB
Toyota Fortuner Siap Diekspor Toyota Fortuner Siap Diekspor

SoundandMachine.com (Karawang) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mengapresiasi kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, yang dinilai mampu bersaing di tingkat global dalam memproduksi mobil untuk ekspor.

Apresiasi tersebut disampaikan saat Presiden meninjau pencapaian produksi ekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)  yang secara kumulatif telah mencatatkan volume sebesar 2 juta unit mobil.

Baca Juga:
Toyota Yaris Cross Hybrid Produksi Lokal Dibanderol Mulai Rp 351 Juta, Apa Saja Kelebihannya?

“Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi, karena apapun tadi kita sudah melihat produknya Fortuner, selain produk-produk yang lain, ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” ujar Presiden, di pabrik TMMIN di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/02/2022).

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono menambahkan, pencapaian ekspor kendaraan utuh Toyota dari Indonesia yang telah mencapai 2 juta unit, diraih melalui konsistensi serta proses yang panjang untuk terus menerus meningkatkan daya saing dan meraih kepercayaan dari pasar global.

Baca Juga:
Langsung Diekspor ke Berbagai Negara, Toyota Resmi Memulai Produksi Yaris Cross di Indonesia

“Selain itu, kegiatan ekspor Toyota Indonesia juga dimungkinkan oleh perkembangan industri otomotif nasional yang bergerak dari impor hingga awal tahun 1970-an diikuti dengan produksi dengan komponen lokal kemudian menjadi basis produksi dan ekspor dan kini memasuki tahapan pengembangan ekspor,” tuturnya.

Baca Juga:
Dukung Pemerintah Hentikan Pandemi, Toyota Berikan Vaksinasi Gratis untuk Masyarakat

Sebelumnya, Toyota Indonesia merayakan pencapaian lebih dari 1 juta unit akumulatif ekspor di 2018. Sementara itu, ekspor perdana kendaraan Toyota Indonesia ke Australia, merupakan tonggak sejarah baru bagi kinerja manufaktur otomotif nasional.

Pengapalan Toyota Fortuner buatan Karawang ke Negeri Kangguru yang mulai bergulir pada Maret 2022 ini, merupakan produk pertama dari Indonesia yang akan mengaspal di Australia.

Warih menyebut, pencapaian kumulatif 2 juta unit ekspor dan ekspor perdana kendaraan utuh Toyota ke Australia, merupakan bagian dari upaya Toyota untuk berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional Indonesia, termasuk dalam menjaga neraca perdagangan yang positif.

“Kami selalu berupaya keras untuk terus meningkatkan daya saing dan meraih kepercayaan dari pasar global dalam aktivitas ekspor.  Pencapaian ini tidak dapat terjadi tanpa dukungan dari semua pihak kepada industri otomotif,” pungkasnya. (EPS)